Plan Indonesia menyalurkan sumbangan radio kepada siswa didik pedalaman NTT dan NTB saat pandemik COVID-19

Jakarta, 18 September 2020 – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) mengajak publik berdonasi untuk menyalurkan 1000 radio tenaga surya bagi para siswa di desa-desa terpencil di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Barat. Donasi 1000 radio ini bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar siswa khususnya yang sulit melakukan pembelajaran melalui internet dan ponsel pintar selama pandemik COVID-19.

Linda Sukandar, Direktur Fundraising Yayasan Plan International Indonesia, menyampaikan bahwa radio menjadi media belajar alternatif yang penting dan sangat dibutuhkan sehari-hari di wilayah yang pelosok. Melalui kampanye dan donasi program #TerusBelajar, Plan Indonesia ingin memastikan anak-anak di wilayah tersebut dapat tetap mengakses pendidikan.

Pandemik COVID-19 semakin meningkatkan kesenjangan bagi anak-anak termasuk dalam mengakses pendidikan. Anak-anak di kota-kota besar, mayoritas memiliiki akses untuk proses belajar virtual dengan teknologi seperti smartphone, laptop, internet sekaligus sebagai media komunikasi guru dan murid. Namun masih banyak anak-anak yang tidak memiliki fasilitas tersebut.

Berdasarkan situasi di desa-desa dampingan Plan Indonesia, saat ini radio menjadi media komunikasi utama bagi anak dan masyarakat untuk mengakses informasi selama pandemi.  Sehingga, radio bisa menjadi media belajar yang tepat di desa-desa terpencil selama kondisi pandemik. Siswa dapat mendengarkan materi belajar yang disiarkan secara langsung oleh guru melalui stasiun stasiun radio setempat.

Namun seperti yang disampiakn Linda, masih banyak anak didik di wilayah dampingan di pelosok yang tidak memilki radio, seperti di Kabupaten Nagekeo dan Timor Tengah Selatan di Provinsi Nusa Tenggara Timur serta Kabupaten Lombok Utara di Nusa Tenggara Barat. Untuk itu donasi 1000 radio akan disalurkan di beberapa desa di kabupaten tersebut.

Donasi juga diberikan dalam bentuk insentif bagi para guru yang berinisiatif untuk bergantian menyiarkan materi pelajaran lewat radio.  

“Dengan memiliki radio sendiri, anak-anak bisa lebih fokus belajar dari rumah. Sehingga semangat belajar anak-anak untuk menggapai cita-cita, terutama bagi anak perempuan terus terpupuk sampai situasi kembali normal.”  kata Linda.

Untuk mendukung kampanye ini, Plan Indonesia berkolaborasi dengan MRA Media akan menggelar Konser Virtual Donasi 1000 Radio pada Minggu, 20 September 2020 dengan menampilkan artis setempat Dian Sorowea yang akan disiarkan melalui YouTube Plan Indonesia Official Channel. Kampanye Terus Belajar ini didukung penuh oleh MRA Media, Eastbae Project dan Dian Sorowea. (***)