Pengumuman Pemenang #GirlsTakeover Sehari Jadi Pemimpin 2020

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) akan kembali merayakan International Day of the Girls/IDG (Hari Anak Perempuan Internasional) melalui kegiatan #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020. Terdapat sejumlah kegiatan yang dilakukan sebagai bagian dari perayaan IDG Plan Indonesia tahun ini. Mengusung konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020 dilaksanakan secara daring (online).

Dimulai dengan Webinar bertemakan Girls Power to Unlimitedly Speak Up in the Digital World, sejak awal September yang lalu, sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020 sudah berhasil diselenggarakan. Selain Webinar, para calon peserta #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020 juga mengikuti Girls Leadership Class (GLC) yang dilaksanakan selama 3 (tiga) pertemuan sebagai salah satu prasyarat untuk mengikuti seleksi #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020.

Girls Leadership Class (GLC) diselenggarakan dengan tema-tema yang menarik seperti Girls Power and Equal in Digital World, Girls Unlimited: The Sky is the Limit!, dan Girls Speak Up Your Idea in the Digital Era. Para tokoh yang memilki spesialiasi, pengalaman dan kompetensi pada berbagai dihadirkan sebagai narasumber untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta. Terdapat lebih dari 600 peserta yang mendaftarkan diri pada peningkatan kapasitas ini.

Untuk seleksi peserta #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020 yang akan mengambil alih jabatan strategis tahun ini, peserta diminta untuk mengunggah video yang memuat pendapatnya sesuai dengan tema yang diusung. Selama proses pembuatan karya, calon peserta juga mendapatkan pendampingan oleh Plan Indonesia melalui Kelas Mentoring Karya. Kelas Mentoring Karya mempertemukan calon peserta dengan youth mentor yang datang dari berbagai organisasi yang merupakan mitra kerja Plan Indonesia.

Pada tahun ini, sebanyak 109 karya calon peserta diterima dan diseleksi oleh Plan Indonesia. Karya dalam bentuk video ini datang dari anak-anak perempuan hebat dari seluruh penjuru negeri. Melalui video-videonya, para calon peserta dengan lantang dan kerennya mengangkat cerita dan pesan-pesannya. Berbagai rekomendasi juga diberikan oleh peserta dalam merespons isu yang diangkat olehnya.

Untuk memastikan proses seleksi yang objektif, Plan Indonesia kembali mengundang dan melibatkan beberapa mitra kerjanya untuk melakukan penjurian. Karya peserta dinilai dengan memerhatikan sejumlah kriteria yang sebelumnya sudah diinformasikan.  Proses penjurian dilakukan sebanyak 2 (dua) kali, di mana tahap pertama adalah untuk memilih 12 calon peserta terbaik. Setelah terpilih 12 nama tersebut, kemudian penilaian dilanjutkan untuk memilih 5 (lima) peserta.

Melalui serangkaian proses seleksi yang panjang tersebut, terpilihlah 5 (lima) anak perempuan yang dinyatakan sebagai peserta #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020 terpilih. Selamat kepada:

  1. Devie, Maluku Utara
  2. Fayanna, Jawa Barat
  3. Patrichia, Papua
  4. Phylia, Nusa Tenggara Timur
  5. Salwa, Kalimantan Timur

Selamat kepada peserta yang terpilih! Selanjutnya, peserta akan mengikuti lokakarya dalam rangka persiapan penyelenggaraan #GirlsTakeOver: Sehari Jadi Pemimpin 2020. Setelah mengikuti lokakarya tersebut, peserta akan mengambil alih peran atau jabatan sejumlah tokoh-tokoh penting di media. Peserta terpilih juga akan dihubungi oleh Plan Indonesia melalui email dan WhatsApp panitia untuk proses lebih lanjut.