Kelompok Disabilitas Belajar Kesetaraan Gender Online

Meski kampanye tentang kesetaraan gender telah lama disuarakan, masih banyak perempuan yang belum mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan laki-laki, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Pandangan masyarakat yang negatif terhadap penyandang disabilitas juga menyebabkan mereka sulit untuk mendapatkan kedudukan, hak, dan peran yang sama dalam masyarakat. Bahkan, banyak keluarga mendapatkan diskriminasi sehingga memutuskan untuk menyembunyikan diri mereka dari masyarakat untuk menghindari rasa malu.

Melalui Proyek Water for Women (WfW) yang didukung oleh Plan Australia melalui Australian Aid, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bekerja sama dengan tim penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menyelenggarakan kegiatan tentang peningkatan pemahaman kesetaraan gender dan inklusi sosial kepada kelompok disabilitas secara online. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menguatkan kapasitas kelompok disabilitas dalam memahami gender dan inklusi sosial. Para peserta berharap pelatihan tersebut dapat menguatkan semangat mereka dalam menjalankan usaha jahit yang sudah lama berlangsung. (Plan Indonesia/ Andreas Wotan)

Kelompok penjahit disabilitas dan PKK mengikuti pelatihan online (Pieter Palaipeni)