Jauh di Mata, Dekat di Hati

7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Pengganti Mudik

Pada Selasa 21 April 2020, Presiden Joko Widodo mengeluarkan larangan resmi untuk mudik Lebaran 2020 demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa, mahasiswa, maupun pekerja yang sedang merantau.

Tapi jangan khawatir! Kamu masih bisa bersilaturahmi dan menunjukkan rasa sayang pada keluarga melalui tips berikut ini:

  • Silaturahmi Virtual

Meskipun kamu tidak bisa pulang ke kampung halaman saat Lebaran nanti, kamu masih bisa menelepon mereka atau melakukan panggilan video.

Gunakan momen tersebut untuk meminta maaf kepada anggota keluarga di rumah. Selain itu, jika kamu punya tradisi sungkeman, kamu juga bisa tetap melakukannya ke orangtua atau nenek dan kakek secara virtual.

  • Kirim kartu ucapan 

Di jaman serba digital, pesan teks atau meme dengan cepat membanjiri gawai elektronik. Bahkan, terkadang terlewat begitu saja. Kecepatan pesan belum tentu bisa menandingi kedalaman pesan. Mungkin ini saatnya kita mengirim kartu ucapan buatan sendiri via pos.

Latih kembali jari-jari mengukir pesan manis bagi anggota keluarga yang jauh di sana. Dengan menulis, kamu bisa meningkatkan kreativitas dan mengungkapkan perasaan yang menyentuh hati. Selain itu, kartu ucapan juga bisa dipajang oleh orangtua dan keluarga di kamar pribadi mereka. 

  • Belajar Masak Makanan Khas Keluarga

Lebaran biasanya menjadi momen makan ketupat, opor ayam, dan kue-kue kering buatan Ibu atau Bapak. Namun, tidak bertemu keluarga bukan berarti kamu juga tidak bisa menikmati makanan tersebut. 

Kamu bisa mulai belajar memasak hidangan favorit keluarga dari nol. Banyak sekali tips dan cara memasak resep-resep baru yang bisa  dipelajari dari Youtube. Jangan lupa tetap menjaga jarak saat membeli bahan makanan di pasar. Kamu juga bisa beli bahan makanannya online, lho.

  • Kirim paket ke keluarga dan teman-teman

Sudah berhasil membuat makanan yang enak-enak? Saatnya mengirim makanan tersebut ke keluarga dan teman-teman terdekat. Kebahagiaanmu bisa berlipatganda ketika dibagikan ke orang lain. Cara lainnya, beli makanan di toko online favorit untuk dikirimkan langsung ke rumah kerabatmu.

  • Ibadah Bersama Secara Virtual

Selain bercakap-cakap melepas rindu, panggilan video juga bisa jadi lebih bermakna dengan melakukan ritual keagamaan atau beribadah bersama anggota keluarga yang jauh. Ayo kita doakan supaya pandemi ini segera berlalu.

  • Karaoke virtual

Mumpung lagi kumpul bareng secara virtual, kamu bisa menyanyikan lagu-lagu religi saat video-call bersama anggota keluarga selepas shalat Ied. Susun playlist-nya di YouTube dan Spotify bareng kakak atau adik sebelum hari raya Idul Fitri tiba.

  • Lomba gambar

Selama pembatasan sosial berskala besar masih berlaku, rencana mudik dan ber-swafoto bareng keluarga perlu ditunda. Kenapa enggak coba menggambar atau buat avatar wajah anggota keluargamu dengan aplikasi gratis? Bikin lomba gambar untuk keponakan juga boleh. Selamat mencoba!

Ada ide lainnya? Bagikan inspirasimu via Instagram. Jangan lupa tag akun @PlanIndonesia, ya.

Oleh: Hanna Vanda & Shintya Kurniawan