Banyak perempuan yang mengalami pelecehan seksual sehari-hari. Hal ini tidak bisa dianggap wajar atau disepelekan.

Melalui video, Sehari Menjadi Perempuan, Sarah mengingatkan beberapa hal mengenai pelecehan seksual tidak bisa dianggap wajar atau disepelekan.

Apa saja bentuk dari pelecehan seksual? Berdasarkan cerita Sarah, pelecehan seksual bisa mulai dari siulan, tatapan & komentar yang tidak diinginkan, menyentuh secara paksa, komentar yang menyalahkan pakaiannya, hingga tindakan yang membuat tidak nyaman seperti menguntit.

Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk melawan pelecehan seksual terutama ketika kita menemui atau melihat secara langsung pelecehan ini. Teman-teman dari Hollaback! Jakarta memberikan beberapa saran intervensi yang disebut 5D intervensi saksi. Pertama adalah direct (secara langsung), dimana kita dapat melakukan intervensi secara langsung, jelas bersikap tegas, dan ringkas. Kedua, distract (distraksi) dengan cara menghentikan pelecehan dengan cara membuat distraksi. Ketiga, delegate (delegasi) meminta bantuan dari pihak ketiga untuk menghentikan pelecehan. Keempat, delay (diundur), menunggu sampai situasi usai lalu ajak bicara korban setelah kejadian. Kelima dan yang terakhir, document (dokumentasi) mendokumentasikan bukti terjadinya pelecehan seksual.

Selain itu, bersama-sama kita juga bisa menghubungi layanan bantuan seperti, Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komnas Perempuan, Aplikasi Lapor Kasus, Sistem Aplikasi Laporan Kekerasan Anak (SiapLaporkan) oleh Plan Indonesia, dan carilayanan.com.

Untuk ilustrasi lengkap, Sahabat dapat melihat poster dan video di bawah. Cermati informasinya, simpan videonya, dan bagikan kepada teman-teman! Dengan menjaga satu sama lain, kita bisa saling menghargai dan perempuan bisa aman serta nyaman di ruang publik. Jangan ragu untuk mengambil tindakan jika kamu melihat atau mengalami pelecehan seksual!

Bersama, kita #StopPelecehanSeksual!

Poster dalam Bahasa Indonesia

Poster Kenali KBG: bit.ly/PosterKBG1-ID

Poster Tangani KBG: bit.ly/PosterKBG2-ID

Poster dalam Bahasa Inggris

Poster Kenali: bit.ly/PosterKBG1-EN

Poster Tangani KBG: bit.ly/PosterKBG2-EN

Video dalam Bahasa Indonesia

Video Dalam Bahasa Inggris