Search
Close this search box.
Home / Berlari Bersama untuk Dukung Generasi Sehat dan Kurangi Angka Stunting di NTT

Berlari Bersama untuk Dukung Generasi Sehat dan Kurangi Angka Stunting di NTT

“Lari amal Jelajah Timur Run for Equality 2023 tidak hanya berfokus kepada kegiatan lari ultra maraton saja namun juga mengajak masyarakat luas untuk turut mendukung dan berpartisipasi dalam pemenuhan akses air bersih di wilayah NTT. Karena langkanya sarana air bersih di sebuah daerah akan berdampak langsung dengan tingkat stunting yang dialami anak-anak di wilayah tersebut, dalam hal ini di NTT,” kata Resource Mobilization Director dari Plan Indonesia, Linda Sukandar, saat jumpa pers di Hotel Harris Sudirman, Minggu (2/7/2023).

Direktur Resource Mobilization Plan Indonesia, Linda Sukandar dok Ahmad Semar/Yayasan Plan International Indonesia

Berdasarkan riset Kementerian Kesehatan RI, stunting yang disebabkan oleh tidak adanya air bersih dan sanitasi buruk mencapai 60%, sedangkan 40% sisanya disebabkan oleh gizi buruk. Tak heran, kalau akses air bersih masuk sebagai salah satu tujuan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, serta menjadi target Sustainable Development Goals (SDGs) hingga 2030. Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang menjadi tuan rumah kegiatan tahun ini merupakan salah satu kabupaten dengan angka kasus stunting yang paling tinggi.

Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia 2021, persentase kasus stunting yang terjadi di TTS mencapai 48.3% dan menjadi yang tertinggi di NTT. Artinya, diantara 100 anak-anak balita di TTS, terdapat 48 anak balita yang mengalami stunting. Persentase ini jauh di atas angka toleransi kasus stunting WHO yaitu dibawah 20 persen.

Harapannya melalui kampanye lari amal Jelajah Timur Run for Equality masyarakat bisa berpartisipasi dan berkontribusi dalam penanggulangan stunting di NTT dengan mendukung penyediaan sarana air bersih di desa-desa dampingan Plan Indonesia.

“Acara lari amal ini adalah kali kelima yang diselenggarakan Plan Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu. Hasil penggalangan dana dalam empat tahun kebelakang yang dilakukan oleh para penjelajah, sebutan untuk para pelari Jelajah Timur, sudah membantu pembangunan fasilitas air bersih di 12 desa di NTT, dengan jumlah penerima manfaat lebih dari 13.000 jiwa,” ujarnya.

https://www.youtube.com/watch?v=Zz1fC3aark8

Para pelari ultra maraton Jelajah Timur Run for Equality ini biasanya terdiri dari beragam profesi, dimulai dari staf kementerian, CEO perusahaan, pengusaha, guru, tenaga kesehatan, penggiat kegiatan sosial, dan berbagai profesi lainnya. Perayaan Pancawarsa Jelajah Timur ini ditandai dengan ditunjuknya lima pelari penjelajah, yaitu Arri Prima Yason Putra, Erry Permana, Nicky Hogan, Pengku Adrianne, dan Renato Joesaki, sebagai Jelajah Timur Ambassador 2023.

Kelima figur pelari ini merupakan bagian dari komunitas pelari Jelajah Timur yang sudah berkontribusi besar untuk pembangunan sarana air bersih setiap tahunnya. Tidak hanya itu, beberapa figur ternama dari kalangan seni juga akan mendukung rangkaian kegiatan terkait pengadaan sarana air bersih ini, seperti Tatjana Saphira, dan Teddy Adhitya, yang akan turut berkunjung ke desa desa dampingan Plan Indonesia di NTT sambil menggalang dukungan publik.

Jelajah Timur Ambassador 2023 dok Ahmad Semar/Yayasan Plan International Indonesia

Tentang Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia)

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Kami juga bekerja bersama kaum muda, untuk memastikan partisipasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan terkait hidup mereka.

Sebagai bagian dari Plan International Inc., Plan Indonesia memiliki program utama terkait sponsor bagi anak. Plan Indonesia telah membina 36 ribu anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur, dengan lima komitmen untuk memenuhi hak dasar mereka, yaitu hak atas akta kelahiran, vaksin dasar, air bersih, sanitasi, dan kebersihan, juga pendidikan.

Plan Indonesia bekerja pada delapan provinsi melalui tujuh program tematik, yaitu Pencegahan Gagal Tumbuh Anak, Penghapusan Kekerasan terhadap Anak dan Kaum Muda, Kesehatan Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, Sekolah Tangguh, Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan yang Responsif Gender, juga Resiliensi Iklim yang dipimipin oleh Kaum Muda. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan, agensi, dan gerakan sosial yang melibatkan dan menargetkan agar tiga juta anak perempuan mendapatkan kekuatan yang setara, kebebasan yang setara, dan representasi yang setara. Informasi lebih lanjut: plan-international.or.id

Narahubung media:

Muhammad Mirza Harera
External Communication Coordinator
HP: 081908881534;
Email: Muhammad.Mirza@plan-international.org

Intan Mawarwati Sukarna
Marketing Communications Manager
HP: 081809442611;
Email: Intan.Mawarwati@plan-international.or

Unduh

Bagikan ke

Artikel Lain Yang Terkait

Berlanggan Buletin Kami

Berlangganan Buletin Kami​

Jadilah
Teman Plan
Perjuangkan hak anak Indonesia
Bagikan informasi ini!

Beritahu teman, keluarga, dan tetangga Anda. Bagikan ke dunia!