Serunya Bergabung ke Komunitas Digital YES!HUB Bersama Alumni #KitaKerja

Pada Sabtu (20/2), alumni pelatihan #KitaKerja--bagian dari program Wired 4 Work! Plan Indonesia-- belajar menggunakan platform komunitas digital YES!HUB dan berbagi info seputar dunia kerja.

Sahabat, dengan kemajuan teknologi di era modern ini, kita bisa berbagi  pengalaman dan mengakses info pekerjaan dari mana saja. Salah satunya, melalui platform komunitas digital Plan International, YES!HUB.

Pada Sabtu (20/2) lalu, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) meluncurkan YES!HUB, platform digital kaum muda untuk berbagi dan mengeksplorasi pengalaman di dunia kerja. Acara ini dihadiri oleh 374 alumni pelatihan #KitaKerja (151 perempuan, 223 laki-laki), sebagian besar berusia 18-29 tahun dan berasal dari Jabodetabek, juga Semarang.

Platform YES!HUB sendiri merupakan bagian dari ekosistem digital Wired 4 Work! (W4W), program Plan International yang juga diimplementasikan oleh Plan Indonesia untuk meningkatkan kesempatan dan kapasitas kerja kaum muda. Sebelum diluncurkan kepada publik, platform komunitas ini diperkenalkan terlebih dahulu kepada alumni #KitaKerja, yaitu para kaum muda yang pernah mengikuti kegiatan atau pelatihan W4W.

Jaya Tulha, Project Manager Wired 4 Work! Yayasan Plan International Indonesia, berharap agar kaum muda dapat memanfaatkan YES!HUB semaksimal mungkin. Terutama, sebagai wadah pembelajaran bersama. Jaya berpendapat, kemajuan dan status alumni W4W yang beragam, mulai dari yang sudah bekerja, kuliah, atau pun masih mencari pekerjaan, adalah salah satu faktor menarik untuk bisa bertukar pengalaman dan pembelajaran melalui YES!HUB.

“Saya mau mengutip kata-kata orang bijak, orang-orang sukses pendahulu kita di bidang ini. Raihlah duniamu melalui akses informasi yang luas. Melalui teknologi, kita bisa ‘menggenggam’ dunia. Dengan internet, kita bisa menjelajahi dunia. Dengan YES!HUB, adik-adik bisa berjalan untuk mengenggam masa depan yang lebih cerah,” ujar Jaya dalam acara peluncuran YES!HUB untuk alumni #KitaKerja pada Sabtu (20/2).

Dengan bergabung ke komunitas YES!HUB, kaum muda dari berbagai daerah di Indonesia bisa mengakses informasi seputar dunia kerja. Misal, dengan memanfaatkan fitur komunitas W4W Indonesia Alumni untuk berdiskusi dan mendapatkan info soal lowongan pekerjaan terbaru atau dengan fitur kalender yang memuat informasi seputar kegiatan dengan topik dunia kerja.

Pada acara peluncuran yang digelar Sabtu lalu, para alumni yang hadir mencoba mendaftarkan diri dan menggunakan YES!HUB. Dipandu oleh Unsiyah Marhamah, Youth Engagement Specialist for W4W Project, beberapa alumni langsung menerapkan pengetahuan barunya dan membuat postingan baru di YES!HUB. Sebagian dari mereka membagikan postingan motivasi bekerja dan ada juga yang membagikan info mengenai minat untuk bekerja di bidang tertentu.

Selain itu, dalam peluncuran YES!HUB untuk alumni #KitaKerja ini, Erisca Saraswati sebagai Private Sector Engagement Specialist W4W juga menyampaikan beberapa informasi lowongan kerja dari perusahaan swasta mitra W4W. Hal ini diharapkan menjadi daya tarik agar kaum muda selalu aktif berkreasi dan bisa mendapatkan informasi seputar dunia kerja melalui YES!HUB.

Salah satu peserta, Afghan (20 tahun), alumni #KitaKerja dari Semarang, mengatakan telah merasakan manfaat dari bergabung ke YES!HUB. Menurut alumni yang memiliki minat di bidang teknologi ini, dia mendapatkan informasi baru dari platform yang dikelola Plan Indonesia bersama kantor Asia Regional Office (ARO) Plan International tersebut.

“Melalui YES!HUB, saya dapat menambah wawasan,  (mendapat) informasi peluang kerja,  motivasi, serta (bisa) bertukar ide dan menambah relasi,” ujar Afghan seusai acara peluncuran.

Hal serupa juga dikatakan Supri (27 tahun). Alumni asal Jakarta yang berhasil mendapatkan pekerjaan setelah mengikuti pelatihan W4W ini menyebutkan, dia bisa memanfaatkan YES!HUB untuk berbagi pengalaman. Dia juga berniat membagikan pengalamannya sebelum dan sesudah mendapatkan ilmu seputar dunia kerja dari Plan Indonesia.

“Manfaat (YES!HUB) adalah bisa saling berbagi pemahaman tentang dunia kerja dan hal lainnya. Mungkin, (juga untuk) mendapatkan pekerjaan baru bagi saya,” ungkap Supri. Hingga saat ini, pendaftaran untuk bergabung ke komunitas YES!HUB masih terus dibuka. Para alumni #KitaKerja atau pun kaum muda lain yang tertarik bergabung dengan komunitas ini bisa mengakses hub.yesdigital.org untuk informasi lebih lanjut.