Mataram, 30 Juli 2023 – Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2023, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) dan Pemerintah Kota Mataram (Pemkot Mataram) menggelar kegiatan lari dan jalan gembira bersama pada tanggal 30 Juli 2023 dengan tema Run for Equality. Kegiatan ini diikuti oleh 1.000 masyarakat yang menyuarakan perlindungan anak dan kesetaraan bagi disabilitas di sekitar area Taman Sangkareang, Mataram menuju area Car Free Day Kota Mataram.
Kegiatan lari bersama ini dibuka oleh Walikota Mataram H. Mohan Roliskana dengan pesan jika Run for Equality menjadi salah komponen kegiatan penting dalam komitmen Pemerintah Kota Mataram di dalam mewujudkan lingkungan yang aman untuk anak, dengan melibatkan seluruh masyarakat termasuk anak-anak itu sendiri agar bisa menyuarakan kesetaraan hak-hak anak, dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
“Kami ingin mengajak masyarakat Kota Mataram untuk memahami pentingnya mewujudkan inklusivitas, kesetaraan, serta pemenuhan hak anak karena kita semua sangat berperan untuk dapat mencapai hal tersebut,” kata Mohan.
Di tahun 2022, Pemerintah NTB mencatat terdapat sebanyak 28.652 orang dengan berbagai disabilitas, termasuk anak-anak. Anak-anak dan orang dengan disabilitas masih termasuk dalam kelompok yang termarjinalkan sehingga pelibatan mereka dalam berbagai kegiatan seperti edukasi terkait menstruasi dan pemenuhan hak mereka terhadap akses air dan sanitasi yang aman merupakan wujud kesetaraan yang konkret.
Qonita (19 tahun) adalah salah satu pelajar SLB yang sekolahnya didampingi oleh Plan Indonesia melalui program WINNER (Women and Disability Inclusive and Nutrition Sensitive) mengatakan “Kami sangat senang dilibatkan pada Run for Equality ini. Kami bisa menunjukkan juga bahwa kita semua di sini setara dan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi aktif walaupun kami berbeda-beda,” ujar Qonita.
Kegiatan ini juga didukung oleh salah satu perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO, dalam bentuk UNIQLO T-Shirt DRY EX yang digunakan seluruh panitia dan peserta kegiatan Run for Equality ini. Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) mengatakan, “UNIQLO Indonesia sangat berbahagia dapat ikut serta merayakan Hari Anak Nasional dengan menjadi bagian dari penyelenggaraan Run for Equality 2023. Bentuk dukungan ini menjadi salah satu implementasi pilar keberlanjutan UNIQLO yaitu People dan Society. Acara ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen dan kepercayaan UNIQLO bahwa kerja sama lintas sektor menjadi penting untuk menyuarakan kesetaraan dan pemenuhan hak dasar manusia, terutama bagi anak-anak dan difabel.”
Resource Mobilization Director dari Plan Indonesia, Linda Sukandar, menjelaskan ini adalah pertama kalinya Run for Equality dilaksanakan di NTB berkolaborasi dengan Pemprov NTB dan Pemkot Mataram. Tidak hanya pemerintahan, tapi juga berbagai mitra pembangunan dan PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) turut serta memberikan dukungannya dan berpartisipasi aktif dalam kampanye Run For Equality.
“Harapan kami kegiatan ini menjadi babak baru dalam pemenuhan hak anak dan kesetaraan terutama bagi anak perempuan di NTB. Semua orang dapat terlibat tanpa terkecuali. Sambutan hangat dari masyarakat NTB kali ini juga akan menjadi motivasi bagi kami untuk bisa terus memperjuangkan hak anak, kaum muda, perempuan, dan kaum disabilitas di berbagai penjuru di Indonesia” tutup Linda. (**)
Catatan untuk Editor
Tentang Run for Equality
Run for Equality merupakan bagian dari kegiatan lari amal Jelajah Timur. Tujuan dan semangat dari kegiatan ini adalah untuk menyuarakan isu-isu kesetaraan sambil mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi. Sejak 2019, Jelajah Timur setiap tahunnya dilaksanakan bertujuan untuk membantu pemenuhan akses air bersih di daerah Indonesia Timur. Kegiatan puncak Jelajah Timur Ultra Marathon tahun 2023 ini akan mengambil lokasi di wilayah So’E, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT pada 27-28 Oktober 2023. Akan ada sekitar 80 pelari jarak jauh yang dipilih melalui seleksi, yang akan menempuh jarak 108 KM.
Tentang Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia)
Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Kami juga bekerja bersama kaum muda, untuk memastikan partisipasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan terkait hidup mereka.
Sebagai bagian dari Plan International Inc., Plan Indonesia memiliki program utama terkait sponsor bagi anak. Plan Indonesia telah membina 36 ribu anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur, dengan lima komitmen untuk memenuhi hak dasar mereka, yaitu hak atas akta kelahiran, vaksin dasar, air bersih, sanitasi, dan kebersihan, juga pendidikan.
Plan Indonesia bekerja pada 8 provinsi melalui tujuh program tematik, yaitu Pencegahan Gagal Tumbuh Anak, Penghapusan Kekerasan terhadap Anak dan Kaum Muda, Kesehatan Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, Sekolah Tangguh, Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan yang Responsif Gender, juga Resiliensi Iklim yang Dipimipin oleh Kaum Muda.
Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan, agensi, dan gerakan sosial yang melibatkan dan menargetkan agar 3 juta anak perempuan mendapatkan kekuatan yang setara, kebebasan yang setara, dan representasi yang setara. Informasi lebih lanjut: plan-international.or.id
Kontak Media
Annisa Hanifa, Programme Communications Specialist
Email: annisa.hanifa@plan-international.org; WA: 081807805393
Intan Mawarwati Sukarna, Marketing Communications Manager
Email: Intan.Mawarwati@plan-international.org; HP: 081809442611
Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari nilai Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear dibuat dengan keanggunan modern yang menjadi dasar gaya setiap individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang selalu dibuat lebih sempurna. Desain paling sederhana menyembunyikan detail paling bijaksana dan modern. Bahan dan potongan dengan fit terbaik dibuat agar dapat diakses oleh semua orang dengan harga terjangkau. LifeWear adalah pakaian yang terus berinovasi, menghadirkan lebih banyak kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan kenyamanan yang lebih baik untuk kehidupan manusia.
Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek dari Fast Retailing Co., Ltd., perusahaan induk ritel Jepang terkemuka dengan kantor yang berpusat di Tokyo, Jepang. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek di Fast Retailing Group, seperti GU, Theory, PLST, Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2,3 Triliun yen untuk tahun 2022 terakhir, pada 31 Agustus 2022 (US $16,6 miliar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2022 sebesar 1 Dollar = 138,7 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu ritel perusahaan pakaian terbesar di dunia , dan UNIQLO adalah peritel khusus terkemuka di Jepang.
UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi terpenting di dunia, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat statusnya sebagai merek global. Saat ini perusahaan memiliki total lebih dari 2.400 toko di seluruh dunia, termasuk Jepang, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Dengan pernyataan perusahaan yang berkomitmen untuk mengganti pakaian, mengubah kebijaksanaan konvensional, dan mengubah dunia, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian hebat dengan nilai baru dan unik untuk memperkaya kehidupan orang di mana pun. Untuk informasi lebih lanjut tentang UNIQLO dan Fast Retailing, silahkan kunjungi www.uniqlo.com dan www.fastretailing.com.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
UNIQLO Indonesia PR
Corporate Affairs
Yulia Rachmawati (yulia.rachmawati@uniqlo.co.id)
South Quarter Tower C, 17th Floor
Jl. R.A. Kartini Kav. 8 Cilandak, Jakarta Selatan, 12430