RIDE FOR EQUALITY: We Ride for Girls’ Education

Ride for Equality adalah kegiatan dimana ratusan pesepeda perempuan akan bersepeda serentak dengan jarak 21 KM – 210 KM secara virtual untuk mendukung keberlanjutan pendidikan bagi anak perempuan di Indonesia, khususnya anak perempuan yang paling terpinggirkan dengan menyelenggarakan kelas kepemimpinan.

Latar Belakang Kegiatan

Anak perempuan di Indonesia saat ini masih mengalami ketertinggalan dan banyak tantangan. Padahal, anak perempuan memegang peranan penting dalam kemajuan dan masa depan sebuah negara. Bagi anak perempuan marjinal, kesempatan mereka untuk dapat berkembang dihambat oleh lebih banyak lagi faktor. Mulai dari penyebab eksternal seperti akses ke pendidikan, ketimpangan stigma sosial dan rendahnya tingkat ekonomi keluarga hingga faktor internal dari dirinya sendiri seperti rendahnya kepercayaan diri dan ketahanan mental dalam menghadapi tantangan.

Hal ini dibuktikan dengan Indonesia yang berada pada peringkat 116 dari 189 negara berdasarkan Gender Inequality Index, dan Plan Indonesia juga menemukan bahwa angka pengangguran kaum muda berusia 15-24 tahun berada pada angka 17,8% dan mayoritasnya adalah perempuan.

Oleh karena itu, untuk mendukung peningkatan kapasitas serta kepemimpinan anak dan kaum muda perempuan, edukasi secara menyeluruh diperlukan, tidak hanya dari pendidikan formal, namun informal pun menjadi bekal mereka agar dapat terus mengembangkan diri dan membuka kesempatan selebar-lebarnya.

Tujuan Kegiatan

Melalui Ride For Equality “We Ride for Girls’ Education”, Plan Indonesia bertujuan untuk mendukung keberlanjutan pendidikan bagi anak perempuan di Indonesia, khususnya anak perempuan yang paling terpinggirkan dengan menyelenggarakan kelas kepemimpinan.

Rangkaian Kegiatan

Ride for Equality “We Ride for Girls’ Education”

Ride for Equality adalah kegiatan dimana ratusan pesepeda perempuan akan bersepeda serentak dengan jarak 21 KM – 210 KM secara virtual melalui aplikasi Zwift.

Kegiatan bersepeda ini dilakukan secara virtual di 34 provinsi, dan tidak dalam kelompok besar untuk memperhatikan protokol kesehatan. Pesepeda memiliki kebebasan untuk memilih rute yang akan mereka tempuh dan waktu untuk bersepeda hingga tanggal 6 Maret 2021.

Beberapa tokoh perempuan Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam Ride for Equality seperti Siti Atikoh, Sport Enthusiast Jawa Tengah, dan Wulan Guritno, Aktris Indonesia.

Pendafaran telah dibuka sejak tanggal 7 Februari hingga tanggal 5 Maret 2021 melalui aplikasi Virtuathlon.

Penggalangan Dana melalui Kitabisa.com

Ride for Equality merupakan kegiatan upaya penggalangan dana publik yang dibuka melalui Kitabisa.com. Masyarakat luas juga dapat berpartisipasi mendukung keberlanjutan pendidikan bagi anak perempuan melalui tautan kitabisa.com/rideforequality yang akan dibuka hingga 10 Maret 2021.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memperkuat akses pelatihan bagi anak dan kaum muda perempuan melalui Girls Leadership Academy, sebuah wadah peningkatan agensi kepemimpinan anak perempuan yang dinaungi oleh Plan Indonesia.Rekor MURI

Kegiatan Ride for Equality juga akan dicatat dalam rekor MURI Indonesia sebagai kegiatan yang melibatkan pesepeda perempuan terbanyak di Indonesia

Bike for HOPE

Sebagai bagian dari Ride for Equality, beberapa pesepeda perempuan yang terdiri Wulan Guritno, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah Joesoef menginisiasikan Gerakan HOPE. Gerakan ini mendukung program kesetaraan gender dan pendidikan bagi kaum muda perempuan dengan bekerjasama dengan Yayasan Plan International Indonesia melalui kegiatan penyadartahuan serta penggalangan dana publik melalui donasi sepeda yang akan dilelang atau yang dikenal dengan Bike for HOPE.