siaran pers

Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak
Communications Team

RUU TPKS Harus Mampu Melindungi Anak Korban Kekerasan Seksual

Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) telah disahkan menjadi RUU usul inisiatif Badan Legislasi (Baleg) DPR RI kemarin (18/01). Menanggapi pengesahan ini, Indonesia Joining Forces (IJF), aliansi enam organisasi hak anak bersama-sama Aliansi PKTA dan Jaringan AKSI hari ini, mengadakan media briefing bertajuk ‘Sejauhmana RUU TPKS Melindungi Anak Korban Kekerasan Seksual’ secara daring untuk menyuarakan upaya kolaborasi dalam mengupayakan RUU PKS yang mengakomodir perlindungan anak.

Selengkapnya
Pemberdayaan Ekonomi dan Kesempatan Bekerja Kaum Muda
Communications Team

LSPR Gandeng Plan Indonesia Kembangkan Ecopreneurship Bagi Kaum Muda

LSPR Communication and Business Institute mengumumkan kerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) untuk memberikan dukungan di bidang dunia kerja dan ecopreneurship. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing mahasiswa LSPR, sehingga ketika mereka lulus tidak malah menambah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada kelompok umur muda (15-24 tahun). Pada Agustus 2021, sebanyak 9,1 juta orang menganggur di Indonesia. Sementara, TPT usia muda berada di angka 19,55 persen (BPS, 2021).

Selengkapnya
Girls Get Equal
Communications Team

#16HARITUKSELAMANYA: PENEGAKKAN HUKUM UNTUK HAPUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN HARUS JADI PRIORITAS

Kekerasan merupakan isu yang kerap menghantui anak dan perempuan di Indonesia yang menjadi korban kekerasan seksual paling banyak menurut data Simfoni PPA. Dalam momentum 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) yang berlangsung dari 25 November hingga 10 Desember setiap tahunnya, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) kembali menyerukan urgensi adanya payung hukum yang tegas untuk penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap anak, khususnya remaja perempuan. Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia menyatakan, “Dalam momentum 16 HAKTP ini, kami bersama 17 kelompok kaum muda dari berbagai provinsi menggencarkan kampanye publik untuk penghapusan segala bentuk kekerasan termasuk kekerasan seksual, kekerasan berbasis gender

Selengkapnya
Ketahanan Masyarakat dan Respon Kemanusiaan
Communications Team

Erupsi Gunung Semeru, Plan Indonesia Lakukan Kaji Cepat dan Respons Awal

Paska terjadinya erupsi Gunung Semeru sabtu (4/12), pemerintah mendeklarasikan status darurat sejak 4/12/2021-3/01/2022. Pemerintah juga langsung melakukan tanggap darurat di bawah komando Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang didukung oleh relawan dari berbagai lembaga, seperti: TNI/Polri, Tagana, Basarnas, dan lainnya termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal dan internasional, salah satunya Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia). Plan Indonesia sendiri telah mengirimkan tim tanggap darurat/Emergency Response Team (ERT) sebanyak 3 orang personil. Tim ini akan melakukan kaji cepat kebutuhan para penyintas yang berada di kamp pengungsian terutama anak-anak dan kaum muda. Dalam kaji cepat ini, ada beberapa kebutuhan mendesak yang teridentifikasi,

Selengkapnya
Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak
Communications Team

AIR BERSIH DAN SANITASI INKLUSIF UNTUK KETANGGUHAN

Air dan sanitasi merupakan hak dasar manusia, namun masih ada 62 juta orang di pedesaan yang belum mendapatkan akses layak ke fasilitas sanitasi. Karenanya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) berkolaborasi mengadakan ‘Learning Event: Program Air dan Sanitasi yang Inklusif untuk Resiliensi’ yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pembangunan air dan sanitasi yang lebih inklusif bagi semua kalangan. Ajang pembelajaran bersama ini telah dimulai Selasa (7/12) hingga Rabu (8/12).

Selengkapnya
Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja
Communications Team

Mewujudkan Kesetaraan Gender di Dunia Kerja di Masa Pandemik COVID-19

Tantangan atas kesetaraan gender yang memang masih menjadi pekerjaan rumah bahkan sebelum masa pandemi, termasuk di dunia kerja. Indonesia menempati peringkat ke-101 dalam Global Gender Gap Index 2021 oleh World Economic Forum. International Labor Organization (ILO) mencatat pada tahun 2019 sebelum pandemik COVID-19 di Indonesia hanya 52 persen perempuan yang dipekerjakan dibandingkan dengan 72 persen laki-laki. Berangkat dari permasalahan ini, Plan Indonesia mengadakan dialog intergenerasional bertajuk “Dunia Kerja di Masa Pandemik COVID-19: Menapaki Kembali Jalur Kesetaraan Gender di Tempat Kerja” pada Selasa (23/11).

Selengkapnya
Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak
Communications Team

Darurat akses air bersih, penuhi hak dasar anak hingga cegah stunting

Bertepatan dengan Hari Anak Sedunia, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) menyerukan darurat pemenuhan air bersih lewat webinar bertajuk “Harmoni Langkah untuk Akses Air Bersih di Lembata”. Webinar ini merupakan rangkaian acara dari Jelajah Timur: Run for Equality, sebuah kampanye penggalangan dana untuk membangun akses air bersih di desa-desa di NTT demi mencegah stunting pada anak.

Selengkapnya