Policy Brief – Menang Melawan Pandemik COVID-19: Strategi Bertahan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Kaum Muda

Policy brief ini membahas tentang kewirausahaan kaum muda dimasa pandemik. Populasi pemuda mencapai 23,86% dari total penduduk Indonesia atau 64,50 juta jiwa. Dari jumlah tersebut pemuda pada rentang usia 15-35 tahun, 35,5% berkeinginan menjadi wirausaha, dan 30% diantaranya ingin berwirausaha di bidang kewirausahaan sosial dan usaha kreatif.

Policy brief ini juga menjelaskan hasil temuan penelitian Plan Indonesia mengenai gambaran umum berbagai tantangan dan situasi kewirausahaan muda dimasa pandemik COVID-19. Karena pandemik ini juga memunculkan berbagai tantangan baru dan disaat yang bersamaan melahirkan kemampuan resiliensi bagi pelaku usaha, khususnya kaum muda perempuan. Salah satu isu yang muncul adalah terkait rendahnya akses terhadap bantuan usaha oleh pengusaha muda. Sebagai contoh, hanya sekitar 30% pelaku wirausaha muda yang telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan dan 15% yang telah mendapatkan fasilitasi akselerator dan inkubator. Kondisi tersebut tentu saja menghambat pengembangan kebijakan kewirausahaan muda di Indonesia.

Beberapa rekomendasi kebijakan juga dipresentasikan dalam policy brief ini termasuk, pemberian jenis bantuan berbasis kebutuhan UMK kaum muda, melakukan inovasi berkelanjutan, mendorong mekanisme akses informasi ramah kaum muda, dan strategi kewirausahaan kaum muda dan implementasi strategi yang inklusif gender. Data, analisis dan rekomendasi dalam kertas kebijakan ini diharapkan bisa memberi kontribusi bagi upaya pengembangan kewirausahaan muda dengan strategi kebijakan yang terpadu, menyeluruh (holistik), kolaborasi multi-pihak, serta mengedepankan kesetaraan gender dan inklusi sosial.

Baca policy brief ini secara lengkap di bawah.

Policy Brief dalam Bahasa Indonesia

Policy Brief dalam Bahasa Inggris