Plan Indonesia Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi dari Komisi Informasi NTT

Kupang, 07 Desember 2022 – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) menerima piagam penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (7/12). Piagam diberikan karena Plan Indonesia dinilai sebagai lembaga swadaya masyarakat yang turut serta dalam membangun keterbukaan informasi badan publik 2022 di NTT.

Piagam penghargaan diserahkan oleh perwakilan dari Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) Kupang kepada Plan Indonesia, yang diwakili Programme Support Office Manager Kupang Maria Gracea, di Aula Eltari, Kupang.

Seusai pemberian penghargaan, mewakili Plan Indonesia, Grace menyampaikan terima kasih kepada KI NTT atas penghargaan yang diberikan kepada Plan Indonesia. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT dan seluruh pemangku kepentingan, donor, mitra, dan masyarakat yang selama ini mendukung kerja-kerja Plan Indonesia, dalam perlindungan anak dan kesetaraan bagi anak dan kaum muda perempuan.

“Penghargaan ini memberi dorongan semangat kepada kami untuk terus mewujudkan visi dan misi kami, serta untuk terus membangun keterbukaan informasi kepada publik secara lebih baik,” ujar Grace.

Dia melanjutkan, apresiasi ini membuktikan bahwa Plan Indonesia bertanggung jawab dalam menyampaikan setiap karya dan pelayanan bagi anak dan kaum muda, terutama perempuan, yang sejalan dengan nilai-nilai lembaga, khususnya akuntabilitas dan transparansi. Dalam penyediaan informasi publik, Plan Indonesia juga terus berupaya menginformasikan semua aktivitas program, proyek yang dilakukan di wilayah kerja melalui web, media sosial, media massa, dan, lain-lain.

Sementara itu, dalam sambutan yang dibacakan Plt. Sekda NTT Yohanna Lisapaly, Gubernur NTT  berpesan agar badan publik harus menyediakan informasi yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. Dia juga meminta kepada badan publik agar selalu berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta sesuai dengan standar pelayanan informasi publik dalam pemenuhan hak dan kewajiban atas informasi publik.

“Keterbukaan informasi publik adalah salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, yang pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan good governance,” tandas Yohanna.

Ichsan Arman Pua Upa, Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT, yang ditemui usai penyerahan piagam, menyampaikan selamat untuk Plan Indonesia. “Selamat buat Plan Indonesia yang mendapat penghargaan keterbukaan informasi di badan publik tahun 2022.  Sebagai Non-Government Organization (NGO) yang sudah berdiri dan berkarya lama di Indonesia khususnya NTT, kami KI NTT berharap dapat bersinergi untuk membangun semangat keterbukaan informasi publik di NTT.”  

Sebagai NGO yang mengawal isu-isu sosial, bisa membantu masyarakat luas untuk bisa menggunakan hak-hak mereka terkait hak atas informasi yang dilindungi oleh Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Hak Masyarakat utk mendapatkan informasi atau dokumen apapun itu dari badan publik selama informasi itu tidak termasuk informasi yang dikecualikan (pasal 17 UU KIP), jelas Ichsan.

Catatan untuk Editor:

Sekilas tentang Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia)

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan Indonesia mengimplementasikan aktivitasnya melalui empat program, yaitu Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan dan Agensi Remaja, Ketenagkejaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, serta Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan. Kami bekerja di 7 provinsi, termasuk di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan target untuk memberdayakan 1 juta anak perempuan. Selain itu, Plan Indonesia juga membina 36 ribu anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur. Informasi lebih lanjut: https://plan-international.or.id

Sekilas tentang Plan International

Plan International adalah organisasi pengembangan masyarakat dan kemanusiaan internasional yang berfokus pada pemenuhan hak anak dan kesetaraan anak perempuan. Kami memperjuangkan sebuah dunia yang adil untuk pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan, bekerja bersama anak, kaum muda, masyarakat dan mitra. Plan International bekerja bersama anak-anak, kaum muda dan masyarakat untuk mengatasi akar masalah diskriminasi terhadap perempuan, ekslusi dan kerentanan. Dengan capaian, pengalaman dan pengetahuan, Plan International mendorong perubahan dalam praktek dan kebijakan tingkat lokal, nasional dan global.

Plan International tidak berafiliasi dengan agama, organisasi politik atau pemerintahan tertentu. Lebih dari 80 tahun, Plan International membangun kemitraan yang kuat untuk hak anak. Saat ini kami bekerja di lebih dari 70 negara. Informasi lebih lanjut: https://plan-international.org

Untuk informasi lebih lanjut:

Agus Haru, Communications Specialist for NTT

Ph. 085239189124 | E: Agus.Haru@plan-international.org