Selama dua tahun masa pandemik COVID-19, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) terus berupaya dalam pemenuhan hak anak dan kesetaraan gender bagi anak perempuan. Dengan berbagai tantangan dari berbagai aspek, melalui proyek WINNER (Women and Disability Inclusive WASH and Nutrition Sensitive Project) Plan Indonesia beradaptasi dan belajar terus dsalam mendorong perubahan perilaku di sector air, sanitasi, dan keberhasilan (WASH) yang sangat relevan dalam bersinergi dengan kebijakan yang diemban oleh pemerintah pusat maupun daerah.
Dalam proyek Winner, Plan Indonesia mendorong Sanitasi Total Masyarakat yang berkesetaraan gender dan inklusi sosial (STBM GESI) yang ingin memastikan adanya perubahan yang baik dengan melibatkan stakeholder terkait untuk kelompok berisiko dan marginal. Kami mencoba merangkum gambaran capaian dan praktik baik proses pelaksanaan proyek di wilayah NTB dan NTT di edisi e-newsletter kali ini.
Sebagai salah satu peran terdepan dalam kampanye STBM GESI, proyek WINNER telah ikut memberdayakan Wirausaha Sanitasi (Wusan) yang menjadi tema besar E-newsletter ini. Usaha sanitasi ini tidak saja membawa manfaat bagi pelaku bisnisnya, tetapi juga orang yang menikmati produk-produk usaha sanitasi terutama masyarakat yang ingin Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Akhir kata, Plan Indonesia berharap e-newsletter ini dapat membagikan inspirasi dalam mencapai akses terhadap sanitasi dan kebersihan yang memadai dan merata untuk semua