Kursi Roda Baru untuk Irfan, Penyintas Badai Siklon Tropis Seroja di Lembata

Dalam setiap bencana, anak-anak selalu terdampak secara berbeda dari orang dewasa. Hal ini dialami pula oleh Irfan (12 tahun), anak dampingan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) di Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Badai siklon tropis Seroja yang menyebabkan serangkaian bencana, mulai dari tanah longsor hingga banjir bandang di Nusa Tenggara Timur, sempat merenggut kebebasan Irfan. Meski ia dan keluarganya selamat dari banjir, rangkaian bencana itu menghancurkan rumah yang ditinggali Irfan bersama keluarganya. Selain itu, banjir juga menghanyuntkan kursi roda yang sehari-hari biasa digunakan oleh Irfan.

Menurut ibu Irfan, Samide, kejadian ini sempat memberikan tekanan kepada Irfan. “Beberapa hari ini, Irfan sering menangis karena terus berada dalam ruangan di posko pengungsian. Kami tidak bisa keluar karena Irfan kesulitan untuk duduk sendiri,” ujar Samide di salah satu posko pengungsian Lembata, baru-baru ini.

Samide menceritakan, kehidupan di posko pengungsian memang memiliki keterbatasannya sendiri. Sebelum bencana terjadi, Irfan yang memiliki multidisabilitas biasa menghabiskan kesehariannya di rumah, berkeliling dengan kursi rodanya ditemani oleh ibu, ayah, atau saudara-saudaranya. Namun, ketika bencana terjadi, mereka harus mengungsi, dan lingkup aktivitas Irfan pun menjadi lebih terbatas.

Di tengah kesulitan itu, Irfan dan keluarganya mendapatkan bantuan. Pada Sabtu (10/4), Irfan menerima kursi roda baru yang diberikan oleh tim Plan Indonesia. Ditemani oleh Mama Samide, Bapak Nani dan saudara-saudaranya, Irfan pun kini bisa beraktivitas dengan lebih leluasa di pengungsian.

 “Kami mengucapkan terima kasih banyak. Saya yakin, Irfan pasti senang dengan kursi barunya ini,” ujar Samide.

Irfan adalah satu dari sekitar 2.000 anak dampingan Plan Indonesia yang terdampak bencana badai siklon tropis Seroja di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Selain Irfan, ada banyak anak yang membutuhkan bantuan, khususnya berupa bantuan hunian darurat, akses terhadap air bersih dan sanitasi, pendampingan psikosisial dan perlindungan terhadap anak, juga pendidikan di tengah bencana. Plan Indonesia mengajak Anda untuk turut membantu mendukung pemulihan anak-anak di Lembata dengan berdonasi melalui kitabisa.com/bantuanlembata. Dana yang diperoleh akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan keluarganya, agar para penyintas tetap dapat hidup dengan layak dan berdaya di tengah situasi bencana.