Search
Close this search box.
DONASI
     
    DONASI
       

      Sponsor Anak

      Untuk berikan masa depan yang lebih baik

      Kekurangan gizi, minimnya akses kesehatan, sarana air bersih dan sanitasi yang layak, menjadi pemicu dari ribuan kasus stunting di NTT. Dimana kasus stunting di NTT tertinggi se-Indonesia yang mencapai angka persetase 37.8% (Hasil Studi Status Gizi Indonesia Kementrian Kesehatan 2021).

      Tidak hanya itu, kondisi mereka diperparah dengan rendahnya tingkat perekonomian yang memaksa anak-anak di NTT putus sekolah, tumbuh di lingkungan yang rentan kekerasan dan maraknya kasus pernikahan usia anak.

      Data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), pada tahun ajaran 2020/2021 ada sekitar 83.700 anak putus sekolah di seluruh Indonesia dan Nusa Tenggara Timur (NTT) berada di peringkat ke-7.

      Kamu bisa membawa perubahan besar untuk mereka!

      Dengan menjadi orang tua sponsor, kamu akan terhubung langsung dengan anak sponsormu. Bertukar surat dan kabar serta menyaksikan mereka berkembang melalui berbagai program berkelanjutan Plan Indonesia yang dapat mempersiapkan anak-anak dan komunitas di sekitarnya untuk semakin berdaya dan siap menyambut masa depan yang lebih baik.

      Berikan kesempatan anak-anak untuk mendapatkan akses terhadap hak dasar yang setara, pendidikan yang inklusif, program pemenuhan akses air bersih dan perlindungan yang lebih menyeluruh bagi anak dengan menjadi orang tua sponsor.

      Komitmenmu tidak hanya akan membantu mereka kembali bersekolah, namun juga menjauhkan mereka dari berbagai bentuk kekerasan, terutama risiko tinggi pernikahan usia anak serta menghantarkan mereka menjadi generasi penerus bangsa yang gemilang.

      Jadi Sponsor Anak Sekarang!

      Cerita Perubahan

      perubahan iklim zahra plan indonesia

      Zahra dan Satu Langkah Perubahan

      Di Lembata, perempuan muda berperan aktif mencegah dampak perubahan iklim. Salah satunya Zahra.

      FAQ

      • Usia berapakah anak-anak yang tergabung ke dalam program sponsor anak ini?

        Anak berusia 0-18 tahun yang tinggal di berbagai daerah dampingan Plan Indonesia

      • Berapa lama program sponsor anak ini akan berlangsung?

        Setelah anak sponsor berusia 18 tahun, anak akan dinyatakan “lulus” dari program ini. Tidak hanya Anak Sponsor, Plan Indonesia akan menjangkau semua orang di komunitasnya dengan intervensi proyek setiap tahun disertai Pemantauan, Evaluasi, Penelitian dan Pembelajaran (MERL).

      • Apakah saya bisa berdonasi untuk lebih dari 1 sponsor anak?

        Ya, semakin banyak dukungan donor, akan semakin banyak pula anak dan warga desa yang mendapatkan manfaatnya. Dan akan semakin banyak pula program yang bisa dibuat untuk membantu anak tumbuh sehat, cerdas, bahagia, dan terlindungi!

      • Bisakah saya berkomunikasi dengan anak yang saya sponsori?

        Bisa! Plan Indonesia mendorong donor untuk menulis surat kepada anak sponsor agar ia bersemangat untuk berusaha menggapai cita-citanya. Demikian juga dengan anak, Plan Indonesia mendorong anak untuk menulis surat, mengirimkan karya kepada donornya, untuk bertukar kabar. Untuk melindungi anak, Plan Indonesia akan mengkurasi surat yang dikirimkan dan memastikan bahwa tidak ada unsur kekerasan, pelecehan, perundungan, grooming, berbau rasis atau doktrinasi keagamaan di dalam surat tersebut.

      • Surat bisa Anda dikirimkan ke:

        Yayasan Plan International Indonesia
        Divisi Supporter Relation
        Komplek Buncit Utama Kav.16,
        Jl. Warung Jati Barat Pasar Minggu,
        Jakarta Selatan 12540

      • Atau bisa di-scan dan dikirimkan melalui email:

        Temanplan.id@plan-international.org
        Plan Indonesia akan memberitahukan kepada sponsor ketika surat telah diterima oleh anak sponsor, dan begitupun sebaliknya.

      • Selain surat, apakah saya bisa memberikan hadiah bagi anak sponsor? Misalnya saat dia ulang tahun?

        Bisa! Plan Indonesia akan dengan senang hati menyampaikan hadiah tersebut kepada anak sponsor dan akan memberikan bukti penyerahan dalam bentuk foto kepada donor. Namun, untuk menjaga kenyamanan anak sponsor dan anak-anak lainnya, kami tidak memperkenankan hadiah dalam bentuk barang mewah. Hal ini untuk menjaga ekspektasi dari anak-anak sponsor lain terhadap sponsornya.

      • Apakah saya bisa mengunjungi anak yang saya sponsori secara langsung?

        Bisa! Dan mohon disampaikan minimal 30 hari kepada kami sebelum tanggal kunjungan. Segala sesuatu yang terkait dengan pengaturan kunjungan diatur dan diputuskan sepenuhnya oleh pihak Yayasan Plan International Indonesia. Kami akan membuka program kunjungan untuk donor setiap tahunnya yang akan dimulai di tahun 2024.

      • Bisakah saya menghentikan donasi saya setiap saat?

        Perjalanan ini tentunya akan ada berbagai hal yang membuat anda mengubah rencana-rencana dalam hidup. Jika memang anda nantinya akan menghentikan donasi, kami berharap anda memberitahukan rencana ini 3 bulan sebelumnya, sehingga kami memiliki kesempatan untuk mencari donor pengganti. Kami juga sangat berterima kasih atas kontribusi Anda.

      • Jika ada pertanyaan atau hal lainnya, kemana saya bisa menghubungi Plan Indonesia?

        Untuk pertanyaan, atau hal lain yang berhubungan dengan donasi dan kemitraan, silakan mengirimkan surat elektronik ke : Temanplan.id@plan-international.org, atau melalui Hotline: 0807-1-717-717 (senin-jumat Pk. 09.00-17.00)

      Berlanggan Buletin Kami

      Berlangganan Buletin Kami​

      Layanan Informasi Donasi
      Bot Verification

      Verifying that you are not a robot...

      Bagikan informasi ini!

      Beritahu teman, keluarga, dan tetangga Anda. Bagikan ke dunia!