Dari Kita untuk Kita: Partisipasi Anak Wujudkan Kabupaten Sidoarjo Layak Anak

Aprilia, 18 tahun, peserta Powering the Movement Program (PTMP) yang diselenggarakan oleh Plan Indonesia menceritakan tentang pentingnya perlindungan anak dan pemenuhan hak anak melalui Forum Anak terutama di kabupaten asalnya yaitu Sidoarjo.

Salah satu penerima penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak 2021 kategori Nindya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur, Sidoarjo terus bertumbuh pesat seiring dengan gencarnya industrialisasi dan globalisasi. Jumlah penduduknya pun kian padat, termasuk anak-anak.

Penting bagi kita untuk memastikan agar perlindungan anak dan pemenuhan hak anak dapat terus diupayakan dengan baik. Sebuah penghargaan takkan ada artinya jika tidak diiringi dengan upaya konkrit untuk kerja nyata dan mempertahankannya. Dalam upaya perlindungan anak dan pemenuhan hak anak, Forum Anak rupanya juga mengambil peran yang besar. Meskipun mereka beranggotakan anak-anak yang berusia 14-18 tahun tetapi keberaniannya untuk menjadi pelopor dan pelapor bagi kebaikan sangatlah besar. Selain itu anak-anak juga berperan dalam perumusan program perencanaan pembangunan.

Hadirnya Forum Anak merupakan salah satu wujud pemenuhan hak partisipasi pada anak. Forum Anak menjadi wadah partisipasi bagi anak-anak lainnya, menjadi pelopor kebaikan, dan menjadi pelapor jika terjadi kasus pelanggaran hak anak. Termasuk pula Forum Anak Sidoarjo. Anak-anak yang menjadi pengurus Forum Anak Sidoarjo telah melakukan beberapa aksi pelopor dalam kebaikan. Salah satunya aksi “Nyaman Bermain tanpa Bullying” yang telah diadakan di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu.

Dalam kegiatan tersebut anak-anak dari Forum Anak Sidoarjo berupaya meningkatkan kesadaran anak-anak di Desa Pagerngumbuk akan pentingnya saling menghargai dan tidak diskriminatif ketika sedang bermain bersama. Hasilnya anak-anak di desa tersebut menjadi mengetahui bahwa kita semua setara dan bullying membawa dampak yang sangat buruk bagi anak.

Kemudian anak-anak di Forum Anak Sidoarjo juga dilibatkan dalam Musrenbang Program Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. Pada saat mereka mengikuti Musrenbang RKPD Sidoarjo 2021, mereka menyampaikan harapan anak-anak Sidoarjo. Salah satunya mereka berharap agar pemerintah bisa memfasilitasi terwujudnya Pusat Kreativitas Anak sebagai wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya secara optimal.

Partisipasi anak tersebut pun berhasil mendorong Kabupaten Sidoarjo menjadi Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya. Semoga capaian ini akan terus meningkat dan partisipasi anak semakin berdampak dalam pertumbuhan Kabupaten Sidoarjo. (Aprilia, 18 tahun, Sidoarjo)

*Penulis adalah peserta Powering the Movement Program (PTMP) yang diselenggarakan oleh Plan Indonesia. Kegiatan ini berfokus untuk meningkatkan kapasitas anak dan kaum muda (15 – 19 tahun) agar dapat menjadi pendorong perubahan dalam isu perkawinan anak bersama komunitasnya, salah satunya melalui kampanye online maupun offline. Program ini merupakan bagian dari kampanye No! Go! Tell! yang disponsori oleh The Body Shop®️ Indonesia yang bertujuan untuk terus melakukan pencegahan dan memberikan pemulihan bagi penyintas kekerasan seksual.