Call for Consultant Event Organizer for Job Fair Online by Wired for Work Project

A. PROFIL PEKERJAAN

LokasiJABODETABEK
Batas waktu aplikasi15 Maret 2021
Jenis kontrakProfessional Service Agreement
Bahasa yang digunakanBahasa Indonesia & Bahasa Inggris
Tanggal mulai kontrak15 Maret – 15 Juni 2021 
Periode kontrak3 Bulan

B. TENTANG ORGANISASI

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan Indonesia mengimplementasikan aktivitasnya melalui empat program, yaitu Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan dan Agensi Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, serta Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan. Kami bekerja di 7 provinsi, termasuk di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan target untuk memberdayakan 1 juta anak perempuan. Selain itu, Plan Indonesia juga membina 36.000 anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur.

C. TENTANG KONSULTANSI

Ketenagakerjaan muda Indonesia memiliki banyak tantangan. Untuk menghadapi tantangan tersebut, khususnya terkait dengan partisipasi perempuan muda dalam angkatan kerja serta ketidak sesuaian antara keterampilan dalam angkatan kerja Indonesia, Yayasan Plan International Indonesia melaksanakan proyek yang dijalankan sejak Januari 2018, yaitu Wired for Work (W4W!) yang didanai oleh Accenture. Proyek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendukung penguatan strategi ketenagakerjaan muda di Indonesia. W4W! dilaksanakan berdasarkan program ketenagakerjaan yang sudah sukses dilaksanakan di Asia dan Amerika Latin, termasuk program Skill to Succeed yang didukung oleh Accenture. Program ini dilaksanakan untuk melakukan sinergi  antara keterampilan yang diajarkan oleh lembaga pelatihan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), ritel dan perhotelan yang dilaksanakan bersama-sama dengan pengembangan YES! (Youth Economic Solution) di Plan Regional Office (ARO).

Di Indonesia, W4W! menargetkan kaum muda rentan, terutama perempuan yang dilaksanakan di berbagai daerah yakni Jakarta, Semarang dan Lombok. Proyek ini menargetkan sekitar 10.266 anak muda kurang mampu yakni sekitar 75% adalah perempuan akan mendapatkan pelatihan keterampilan soft skills dan pelatihan teknikal skills yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja yang dapat diakses secara online maupun offline.

Selain itu, proyek W4W! juga akan menyediakan dukungan digital untuk ketenagakerjaan kaum muda dan penggunaan teknologi sebagai enabler untuk mencapai dampak yang lebih luas dan lebih baik bagi kaum muda. W4W! meningkatkan alat yang ada dan mengembangkan aset baru untuk mengimplementasikan praktek terbaik dari pemberdayaan ekonomi kaum muda menjadi pendekatan digital, menciptakan ekosistem digital yang melibatkan dan memanfaatkan para pemangku kepentingan. Sistem ini akan terbuka untuk umum dan dapat digunakan oleh siapa saja yang dapat mengambil manfaat dari sistem untuk melakukan perbaikan bagi praktik pemberdayaan kaum muda di Indonesia.

Untuk mendukung pengembangan ekonomi kaum muda dan penyerapan tenaga kerja kaum muda maka W4W! mengembangan kemitraan bersama dengan pemerintah terutama Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Dinas Pendidikan, Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan, lembaga swasta dan Balai Latihan Kerja (BLK). Melalui kemitraan iniliah program W4W! mengembangkan kurikulum soft skills dan technical skills untuk mendukung kesiapan kerja bagi kaum muda marginal di tiga daerah yakni DKI Jakarta, Lombok dan Semarang. Selain itu, YPII juga bermitra dengan swasta untuk memfasilitasi kaum muda dalam mendapatkan peluang kerja.

Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus berkembang. 34 provinsi terdampak dengan variasi jumlah dan tingkat penularan. Diperbarui pada 2 Juni 2020, kasus yang dikonfirmasi 27.549 dan kematian 1.663 (www.covid19.go.id). Angka reproduksi efektif R juga bervariasi antara yang terendah 0,17 di Aceh dan yang tertinggi di Gorontalo dengan 1,971.[1] R> 1 menandakan jumlah kasus masih akan bertambah, sedangkan R<1 menandakan sebaliknya. Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Timur sebagai Rencana Pemberdayaan Ekonomi Pemuda wilayah kerja Indonesia semuanya masih R>1. Pemerintah Indonesia memberikan sinyal untuk melonggarkan Batasan social skala besar pada bulan Juni 2020, dan juga memberikan arahan kepada 102 kabupaten yang termasuk dalam zona hijau diperbolehkan melakukan kegiatan produktif dengan protocol kesehatan yang ketat.

Tingkat pengangguran di indonesia karena dampak covid-19 lebih dari 3 juta orang di indonesia menurut Badan Pusat Statistik Indonesia. Peluang kerja semakin kecil karena ada beberap sektor bisnis terkena dampak covid-19. Namun ada beberapa sektor digital menonjak tinggi karena kebutuhan manusia untuk mendapatkan informasi, dan kebutuhan pokok. Semua kegiatan selama pandemic, umumnya melalui digital walaupun beberapa kegiatan bisa secara langsung namun sangat terbatas dan memiliki resiko yang tinggi. Hal inilah menjadi salah satu penyebab, bahwa peluang kerja di sector ICT masih tetap terbuka selama situasi Covid pandemic.

Dalam rangka mendukung kaum muda untuk membuka peluang kerja, program W4W memfasilitasi  peluang kerja untuk kaum muda indonesia melalui  event Job Fair Online bersama Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Melalui Sistem Karir Hub. Target private sector yang mengikuti event ini adalah 100 private sector dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berkerjasama dengan organisasi yang terlibat dalam UMKM. Target peserta yang mengikuti kegiatan ini sampai dengan 10,000 peserta dan 2,000 peserta hadir untuk peningkatan kemampuan melalui WEBINAR di dalam rangkaian kegiatan Job Fair


[1] https://www.thebonza.com/dashboard (Data updated on June 2nd, 2020). Rt is the effective reproduction rate of COVID-19 calculated for each region or country. It gives an up to date snapshot of the current epidemic situation by estimating the average secondary infections per on case in population over time.

D. TUJUAN KONSULTANSI

Job Fair Online bersama Karir Hub dari Kementerin Ketenagakerjaan Republik Indonesia, memberikan kesempatan bekerja untuk kaum muda indonesia. Job Fair Online bersama Karir Hub untuk membuka peluang kerjasama dengan Private Sector dan Usaha Mikro Kecil Menengah. Target peserta Job Fair Online bersama Karir Hub adalah 10,000 peserta dengan target usia adalah 18-29 tahun fokus kepada pendidikan SMK Sederajat, dan S1. Target peserta untuk wilayah Jabodetabek, Semarang dan Lombok, berkerjasama dengan SMK DKI Jakarta, SMK Lombok/Semarang, BBPLK, BBPLK Semarang, BBPLK Lombok dan PPKD. Kegiatan ini juga membuka kesempatan untuk Umum dari seluruh wilayah indonesia. Rangkaian kegiatan Jobfair Online untuk meningkatkan antusiasme peserta kami melakukan kampanye Kesiapan Kerja dan Kesetaraan Gender. Mengundang praktisi HR dan Pakar untuk membahas topik-topik untuk meningkatkan kapasitas dan peran kaum muda di lingkungan kerja. Kampanye online melalui postingan media sosial dengan kutipan dari ILO untuk memaparkan hasil peneilitian dan memberikan kesadaran siap kerja dan kesetaraan gender untuk kaum muda.

Kegiatan Job Fair yang di rangkaikan dengan Launching Digital ini akan dilakukan selama  beberapa hari, dimana dilakukan beberapa kegiatan termasuk  Training E Learning Yes Academy, Sosialisasi Yes Hub dan Job Fair Online melalui Karir Hub, Organisasi kaum muda, Organisasi Perempuan muda, dan Karir Hub dari Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah kami dari proyek kesiapan kerja akan mempromosikan YES! Digital Ecosystem, mensosialisasikan penggunaan YES! Produk.  Pemanfaatan YES! Digital Ecosystem dari Yayasan Plan International Indonesia mempermudah kaum muda untuk mengakses E Learning dan Komunitas Digital. Pemanfaatan Digital tersebut juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja, dan peluang menambahkan hard skill atau soft skill dari E Learning YES! Digital Ecosystem.

Peserta akan melakukan pendaftaran Job Fair Online melalui Aplikasi Karir Hub, di mulai saaat promosi kegiatan di bulan Maret-April 2021. Pendaftaran sudah dibuka di bulan Maret 2021, acara akan berlangsung di tanggal 26 s/d 30 April 20201. Berikut adalah rangkuman dalam acara kegiatan “Digital Karir Expo”:

  1. Maret-April 2021 Publikasi Media Promosi melalui patner dari program W4W dan Media Branding Vendor.
  2. Maret-April 2021 Publikasi untuk private sector yang dapat kolaborasi di acara Digital Karir Expo.
  3. 1 April Publikasi / Syembara pembuatan video tentang Yes HUB dengan cara Upload di Instagram, Youtube dan Sosial Media, Penilaian akan melalui jumlah like dan viewers dan akan di nilai oleh tim Yayasan Plan International Indonesia.
  4. 26-27 April Training Yes Academy dengan target peserta 500 Peserta untuk 2 hari.
  5. 28 April Sosialisasi Yes Hub manfaat penggunaan dan pengumuman pemenang Video Terbaik.
  6. 29-30 April (Opening; Ibu Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia, DE YPII Ibu Dini, dan 30 Private Sector bersedia untuk Agreement dengan Karir Hub dan YPII untuk melakukan penempatan kerja untuk kau muda. Webinar bersama Praktisi, Diskusi, Kampanye Kerja Layak untuk Kaum Muda indonesia, dan Diskusi bersama Kaum Muda W4W.
  7. 29-30 April Rangkaian Kegiatan Job Fair online melalui sistem Karir Hub.
  8. Mei-Juni 2021 penempatan Kerja dan reporting Vendor.

Kegiatan ini akan di liput oleh Media Online dan Offline tujuannya adalah memberikan informasi positif untuk Kaum Muda Indonesia. 20 Media akan bekerjasama untuk meliput acara ini dan membuat acara ini sebagai dukungan dari Kementrian Ketenaga Kerjaaan Republik Indonesia dan Yayasan Plan International Indonesia untuk mendukung kaum muda agar dapat kesempatan bekerja.

E. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Kegiatan dengan tema “Digital Karir Expo” bersama Karir Hub dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Berikut adalah timeline dari aktifitas Proyek:

F. HASIL KERJA

Adapun hasil kerja yang diharapkan dari calon konsultan dalam periode kontrak tersebut di atas adalah sebagai berikut:

Hasil KerjaAktivitas Tingkatan UpayaPerkiraan
Waktu
Pengerjaan
1. Branding

2. Koordinasi dengan Kemnakier
(Karir Hub)

3. E-Learning
Yes Digital (E-Learning Yes Product)
26, 27, dan 28 Apr 2021 untuk 3 Kota
(semarang, Jakarta
dan Lombok)

4. kompetisi Cerita
Sukses
di YESHUBS

5. Webinar Online
dan JobFair Online
29 – 30 Apr 2021
1. Koordinasi dengan pihak Yayasan
Plan International  Indonesia
untuk kordinasi teknis
dan pengambil keputusan.

2. Kegiatan untuk memutuskan teknis & persiapan
online jobfair.

3. Membuat Susunan acara & mempresentasikan ke YPII
dan Kemnaker (Karir Hub)

4. Membuat informasi online
JobFair untuk Alumni Proyek W4W, Umum & BBPLK
Se Indonesia

5. Menyebarkan informasi online jobfair melalui SMS, atau
media social

6. Monitoring Event untuk 4 Time Posting di KitaKerja.id,
Plan Indonesia & Kemnaker

7. Membuat 10 Design Branding
(positing di plaftorm IG dengan
3 time)

8. Membuatkan E-Sertifikat untuk
peserta Webinar JobFair

9. Membuatkan Zoom dengan
kapasitas 1,000 peserta

10. Membuatkan Link
pendaftaran (Direct to Web
Karir Hub)

11. Membuatkan Design Poster
untuk iklan di Web YPII
dan Karir Hub

12. Membuatkan Zoom untuk
Training E-Learning Yes Digital

13. Training soft skilll
(Penggunaan & Teknis).
Break out 25 room estimasi
250 peserta & live Youtube

14. Paparan penggunaan YesHub
& manfaat

15. Membuatkan Zoom untuk
3 narasumber (1x webinar 4x target dengan
durasi 3 jam untuk 2 hari)

16. Mempersiapkan 3 Narsum
untuk point diatas.
(Tema menyusul)

17. Mempersiapkan IG live
bersama influence 2x

18. Mempersiapkan draft Talking
point untuk Ibu Mentri
Ketenagakerjaan RI

19. Mempersiapkan Kerjasama
dengan 100 Private sector & UMKM untuk dapat
memposting lowongan pekerjaan
di Karir Hub


20. Mempersiapkan 1,000
lowongan pekerjaan di
Karir Hub

21. Membuatkan 30 Private Sector
dapat memberikan
Nota Kesepahaman untuk
melakukan rekruitment dibawah
program W4W dari YPII

22. Membuatkan Design QR Code
lowongan pekerjaan di Karir Hub

23. Membuatkan Video
Sambutan untuk Ibu Mentri
dan Ibu Excecutive Dir. YPII
Koordinasi dengan pihak Yayasan
Plan International  Indonesia
untuk kordinasi teknis
dan pengambil keputusan.
Maret – April
2021
1. Report Final

2. Tracking
1. Report Final berupa :
a. Daftar Kehadiran Peserta
b. Daftar Perusahaan
c. Daftar Lowongan pekerjaan
d. Daftar Peserta yang diterima
perusahaan

2. Data laporan peserta, yang terdiri dari :
a. Nama
b. Wilayah
c. Jenis Kelamin
d. Umur
e. Alamat Email
f. No. Telp
g. Alamat Pendidikan terakhir
h. Nama Sekolah/Institusi

3. Data Laporan Perusahaan yang terdiri dari :
a. Nama Perusahaan
b. Nama PIC & Jabatan
c. No. Telp PIC
d. Data Lowongan Pekerjaan

Koordinasi dengan pihak Yayasan
Plan International  Indonesia
untuk kordinasi teknis
dan pengambil keputusan.
Mei 2021

G. DURASI PEKERJAAN

Durasi periode pengerjaan yakni 3 bulan (Maret-Juni  2021).

H. INPUT TAMBAHAN

Segala kebutuhan peralatan seperti komputer, internet voucher dan perangkat kerja lainnya, akan diadakan sendiri oleh konsultan.

I. METODE DAN KETETUAN PEMBAYARAN

Tim atau perusahaan konsultan terpilih akan dibayar sesuai dengan ketentuan di bawah ini:

Hasil KerjaPembayaran (%)
DP pertama setelah tandatangan kontrak50%
Telah dinyatakan selesai dan diverifikasi oleh user50%

I. Prinsip, pendekatan, dan pertimbangan etis utama

Staf dan konsultan Plan Indonesia harus mematuhi prinsip Child and Youth Safeguarding and Protection milik Plan International. Konsultan harus mengikuti Prinsip Etis dalam keterlibatan subjek manusia dalam penelitian dan mendapatkan persetujuan tertulis/lisan dari subjek yang terlibat. Izin dari orang tua harus dimintakan jika anak-anak di bawah 18 tahun terlibat sebagai subjek. Persetujuan yang ditandatangani oleh setiap anak dan/orang tuanya perlu dilakukan setelah menjelaskan tujuan studi dan penggunaannya. Pelatihan tentang topik ini akan menjadi bagian dari pelatihan yang disediakan untuk tim konsultan/ vendor.

Semua proyek yang dikelola oleh Plan Indonesia dan para mitranya, juga harus selaras dengan ambisi global Plan International untuk menjangkau 100 juta anak perempuan, menggunakan pendekatan transformatif gender dalam melaksanakan tugasnya. Dalam penugasan ini, Konsultan diharapkan dapat menerapkan pendekatan transformatif gender melalui penyampaian norma gender, penguatan agensi anak perempuan dan perempuan muda, memajukan kondisi dan posisi anak perempuan dan perempuan, bekerja sama dengan anak laki-laki dan laki-laki untuk mengangkat kesetaraan gender, menjawab kebutuhan dan minat anak perempuan dan anak laki-laki dalam seluruh keragaman mereka, dan membina lingkungan yang mendukung kesetaraan gender dan hak-hak anak perempuan. 

J. KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Mempunyai Pengalaman di kegiatan yang sama.
  • Mempunyai pengalaman terkait dalam kegiatan dengan kaum muda
  • Mempunyai pengalaman dalam membuat reporting
  • Memiliki jaringan yang luas di Kementrian Pendidikan, Kementrian Tenaga Kerja, Perusahaan Sawasta, maupun institusi terkait lainnya.
  • Mampu bekerja menghadapi tengat waktu yang ketat
  • Berkomitmen pada perlindungan anak dan gender transformative

K. PROSEDUR APLIKASI

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) mengundang perusahaan/tim konsultan dengan keahlian dan portofolio yang relevan untuk melamar dengan mengirimkan:

  1. Proposal teknis yang terdiri dari latar belakang organisasi dan konsep teknis pekerjaan berdasarkan penjelasan tentang proyek di atas.
  2. Proposal finansial
  3. Portofolio dan contoh pekerjaan terdahulu dengan penjelasan singkat

Dokumen di atas dapat dikirim melalui email ke yayasan.procurement@plan-international.org; dengan Subject email “EventOrganizer JobFair Online_W4W_Nama Pelamar” Batas akhir pengiriman penawaran selambat-lambatnya pada hari Senin, 15-Mar-2021 pukul 12.00 WIB dengan dokumen yang dipersyaratkan sebagai berikut:

  • Pernyataan Minat
    • Anggaran yang diusulkan
    • Profil Organisasi dengan informasi tentang: (a) pekerjaan relevan saat ini dan sebelumnya serta klien / pengguna (portofolio); (b) CV personel yang terlibat dalam penugasan dan tanggung jawab / peran utama mereka dalam penugasan tersebut.

Seluruh penawaran yang diterima akan diperlakukan secara rahasia.

Hanya kandidat terpilih yang akan menerima pemberitahuan lebih lanjut dan diundang untuk wawancara.

Komponen Budget