Call for Consultant Online Job Fair & Workshop “Bridges to the Future – Asean Youth Employment”

INV GPII

LokasiJABODETABEK
Batas waktu aplikasi9 Juli 2021
Jenis kontrakProfessional Service Agreement
Bahasa yang digunakanBahasa Indonesia & Bahasa Inggris
Tanggal mulai kontrak17 Juli 2021 – 20 September 2022
Periode kontrak3 bulan

LATAR BELAKANG

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (YPII) pada tahun 2017 bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Salah satu programnya, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda (YEE), diimplementasikan dengan tujuan agar kaum muda marginal, terutama perempuan, mendapatkan pekerjaan yang layak melalui pekerjaan formal maupun berwirausaha. Sejak Oktober 2020, Program YEE memulai proyek Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment yang bertujuan mengurangi angka tunakarya kaum muda di Indonesia di masa pandemi virus covid-19.

Tingkat pengangguran muda Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Data Bank Dunia 2020 menunjukkan, pengangguran berusia muda di Indonesia hampir menyentuh angka 20 persen. Sementara negara lain di Asia Tenggara seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia masih berada di bawah 15 persen. Pengangguran usia 15-29 tahun meningkat, bahkan sebelum pandemi Covid-19.

Penyebab meningkatnya tingkat pengangguran muda dan berpendidikan tinggi adalah karena jumlah penduduk lulusan SMA, SMK sampai perguruan tinggi banyak. Jumlah yang banyak ini tidak terserap karena skill atau kualitas yang mereka miliki belum menjawab kebutuhan industri. Ada kesenjangan antara ekspektasi dunia usaha dengan realita yang ada pada tenaga kerja muda. Kedua, terbatasnya ketersediaan lapangan kerja di sektor formal yang bisa menyerap lulusan berpendidikan tinggi ini. Para lulusan muda dan berpendidikan tinggi mencari pekerjaan yang mapan dan formal. Kaum muda memilih menunggu hingga mendapatkan pekerjaan yang setidaknya memenuhi standar minimal mereka. Berbeda dengan mereka yang lulusan Sekolah Dasar yang tidak memiliki ekspektasi tinggi untuk bekerja kantor dan bisa bekerja di sektor informal.

PROYEK BRIDGES TO THE FUTURE: ASEAN YOUTH EMPLOYMENT

YPII, bersama mitra pelaksananya, ASEAN Foundation, akan memberikan solusi vokasi dan penyaluran tenaga kerja yang sesuai dengan keadaan pasar yang berpotensi dikembangkan dalam skala besar. Tujuan proyek ini adalah membekali 5,200 anak muda usia 18-29 tahun (dimana setidaknya 60% penerima manfaatnya adalah perempuan) di Indonesia dengan keterampilan yang relevan, serta menyalurkan para penerima manfaat proyek yang sudah terlatih ini ke peluang kerja yang cocok. Proyek Bridges to the Future bertujuan mengurangi angka tuna karya muda Indonesia melalui kegiatannya membekali anak muda dengan ketrampilan teknis yang sesuai dengan kebutuhan industri di masa pandemi covid-19, sehingga lulusannya siap memasuki dunia kerja. Melalui kegiatan Jon Fair, proyek menargetkan 1.225 kaum muda usia 18 – 29 tahun ini memiliki kesempatan memperoleh pekerjaan di perusahaan – perusahaan swasta yang masih tumbuh mengembangkan usahanya.

TUJUAN PENUGASAN

Adapun tujuan kerjasama ini adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan online job fair dengan melibatkan setidaknya 60 perusahaan penyedia lowongan pekerjaan dan 3000 anak muda sebagai peserta pencari kerja.
  2. Melaksanakan webinar dengan tema yang relevan dengan perkembangan industri dan peluang pekerjaan bagi tenaga kerja muda khususnya dalam rentang usia 18 – 29 tahun, bersamaan dengan penyelenggaraan Job Fair.
  3. Dibuatnya goodie bag sebagai souvenir yang akan diberikan kepada perusahaan dan nara sumber yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan online Job Fair.

KELUARAN YANG DIHARAPKAN

Adapun hasil yang diharapkan dari konsultansi untuk pelaksanaan Job Fair secara online ini adalah:

  1. Keikutsertaan setidaknya 60 perusahaan pemberi lowongan pekerjaan dari berbagai sektor industri, terutama yang berlokasi di area Jabodetabek;
  2. 3000 anak muda mendaftar sebagai peserta pencari kerja, terutama anak muda dalam rentang usia 18 – 29 tahun yang memiliki latar belakang pendidikan minimal setara SMK, dan 60% adalah perempuan;
  3. Terselenggaranya webinar dengan menghadirkan nara sumber profesional yang mendukung tema perkembangan industri dan peluang pekerjaan bagi tenaga kerja muda di masa pandemi covid-19, serta pengaplikasian kesetaraan gender di lingkungan kerja;
  4. Terciptanya hubungan baik jangka panjang antara Plan Indonesia dengan private sector dan nara sumber yang telah berpartisipasi dalam kegiatan online Job Fair dan webinar dengan diberikannya goodie bag sebagai souvenir kegiatan;
  5. Terciptanya kerjasama dengan 30 perusahaan untuk membuat Nota Kesepahaman guna melakukan rekrutmen dengan tim project;
  6. Adanya laporan kegiatan termasuk identifikasi peserta pencari kerja yang mendapatkan pekerjaan dan lowongan posisi yang masih terbuka pada perusahaan dalam event tersebut.

HASIL AKHIR DAN TARGET PELAKSANAAN

Untuk mencapai hal tersebut, penyampaian penugasan dengan estimasi waktu sesuai uraian di bawah ini untuk setiap vendor:

NoObjectivesActivitiesDeliverablesCompletion Date
1PersiapanKick off meetingBranding  Koordinasi dengan pihak Plan Indonesia untuk teknis pengambilan keputusan.Pengumuman EO terpilih, refreshment rencana dan target kegiatan.Membuat susunan acara dan mempresentasikan ke YPII.Membuat informasi online job fair untuk alumni proyek BTF, pemuda secara umum, BBPLK Serang, BBPLK Bekasi dan perusahaan di area Jabodetabek. Menyebarkan informasi kegiatan online job fair melalui media sosial.Membuat Mention Event untuk 4 kali posting di KitaKerja.id dan Plan Indonesia. Membuat Design Branding Kegiatan 10 Design untuk di posting di 10 Posting Platform Instagram Dalam 3 waktu. Membuat E-Sertifikat untuk peserta webinar Menyiapkan Zoom untuk pelaksanaan event Membuat link pendaftaran.Membuat desain poster iklan dan posting iklan tersebut di social media.Menyiapkan 3 nara sumber untuk webinar dengan target 2 kali Webinar pada event dengan durasi 2 jam per nara sumber (2 Hari). Menyiapkan IG Live bersama Influencer atau Figur Publik sebanyak 2 kali. Meyiapkan kerjasama dengan 60 private sector untuk memposting lowongan pekerjaan di platform yang akan digunakan untuk event online job fair Menyiapkan setidaknya 300 lowongan pekerjaan dan kesempatan magang. 30 private sector membuat Nota Kesepahaman untuk melakukan rekrutment melalui kegiatan ini. Membuat Design QR Code lowongan pekerjaan Juli – Agustus 2021
2Pelaksanaan Job FairMemastikan event berjalan dengan baik sesuai dengan prencanaan yang disetujuiTercapainya target jumlah perusahaan pemberi lowongan pekerjaan dan peserta muda pencari kerja yang hadir/mengikuti event online job fairMemastikan dan menyediakan link registrasi yang didalamnya termasuk informasi dan survey terkait AMRES Analysis Menyiapkan MC event Menyiapkan teknis event selama 2 hari Memastikan narasumber hadir on-timeMenyediakan sign language interpreter Memastikan hiburan, dan games untuk peserta job fair Memastikan teknis event berjalan dengan Baik Memastikan QR Code berjalan dengan baik Memastikan safe guarding terhadap peserta dan narasumber sudah di briefing safe guarding dan kode etik tentang perlindungan anak dan kaum muda perempuan. September 2021
3PelaporanLaporan finalTrackingLaporan final berupa: Daftar Peserta Daftar Perusahaan Daftar Lowongan Pekerjaan Daftar Peserta yang diterima perusahaan MoU pelaksanaan job fair/webinarKumpulan mention event, design branding dan media komunikasi untuk mempromosikan Job fair  Data report Peserta terdiri dari: nama, domisili, gender, umur, alamat tempat tinggal, nomor telepon, alamat email, pendidikan terakhir dan Nama Sekolah/Institusi Data Report Perusahaan: Nama Perusahaan, Jabatan PIC, Nomor Telfon PIC dan Data Lowongan PekerjaanSeptember 2021

MASA PENUGASAN

Masa penugasan untuk kegiatan ini adalah 3 bulan (17 Juli 2021 – 17 Oktober 2021).

PERSYARATAN VENDOR

Proyek Bridges to The Future (BTF) mencari vendor yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan modul-modul teknis yang sesuai kriteria industri yang ditentukan, juga relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Vendor akan bekerja dengan tim internal Proyek Bridges to the Future serta didukung oleh Tim Komunikasi dan Tim Fundraising YPII.

Persyaratan untuk vendor online job fair, diantaranya:

  1. Memiliki pengalaman melakukan kegiatan dengan mengutamakan partisipasi kaum muda dan pernah bekerja dengan kaum muda (usia 18-29 tahun);
  2. Memiliki jaringan serta kolaborasi dengan private sector atau perusahaan yang memiliki potensi untuk merekrut peserta pencari kerja;
  3. Memiliki jaringan serta kolaborasi dengan komunitas Kaum Muda
  4. Memiliki pengalaman melaksanakan online job fair yang bekerjasama dengan kementrian tenaga kerja;
  5. Memiliki pengalaman dan tim yang fokus pada Transformatif Gender dan Infklusivitas;
  6. Memiliki pengalaman bekerjasama dengan Yayasan, Organisasi Non-Profit atau Agensi UN yang fokus pada Proyek Kaum Muda.

PRINSIP, PENDEKATAN DAN KODE ETIK

Vendor Plan Indonesia harus mematuhi Plan International Child and Youth Safeguarding and Protection. Vendor harus mengikuti Prinsip Etis untuk melibatkan subjek manusia dalam penelitian dan mendapatkan persetujuan tertulis / lisan dari subjek manusia. Izin dari orang tua harus dicari jika anak-anak di bawah 18 tahun terlibat sebagai subjek. Persetujuan yang ditandatangani oleh setiap anak dan / orang tuanya perlu dilakukan setelah menjelaskan tujuan studi dan penggunaannya. Pelatihan tentang ini akan menjadi bagian dari pelatihan yang disediakan untuk tim.

Semua proyek yang dikelola oleh Plan Indonesia dan para mitranya, juga harus sejalan dengan ambisi global Plan International untuk menjangkau 100 juta anak perempuan, menggunakan pendekatan transformatif gender dalam melaksanakan tugasnya. Dalam penugasan ini, Vendor diharapkan dapat menerapkan pendekatan transformatif gender melalui penyampaian norma gender, penguatan lembaga perempuan dan perempuan muda, memajukan kondisi dan posisi perempuan dan perempuan, bekerja sama dengan laki-laki dan laki-laki untuk merangkul kesetaraan gender, menjawab kebutuhan dan minat anak perempuan dan laki-laki dalam semua keragaman mereka, dan membina lingkungan yang memungkinkan kesetaraan gender dan hak-hak anak perempuan.

PENGIRIMAN APLIKASI

Calon konsultan mengirimkan aplikasi ke yayasan.procurement@plan-international.org dengan subjek “Konsultan Online Job Fair & Workshop [Nama Pelamar]” sebelum pukul 17.00, 9 Juli 2021 dengan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan sebagai berikut:

  1. Surat Pernyataan minat;
  2. Proposal kegiatan beserta dengan anggaran yang diusulkan (termasuk pajak progresif). Proposal memuat tujuan kegiatan, target peserta, deskripsi dan strategi implementasi kegiatan, identifikasi perusahaan yang akan bekerjasama dan anggaran kegiatan (beserta dengan pajak).
  3. Profil Organisasi dengan informasi tentang: (a) pekerjaan relevan saat ini dan sebelumnya serta klien/pengguna (portofolio); (b) CV personel yang terlibat dalam penugasan dan tanggung jawab/peran utama mereka dalam penugasan tersebut.

Semua aplikasi akan diperlakukan secara rahasia dan hanya kandidat terpilih akan diberitahu dan diundang untuk wawancara.