F.A.Q Telefundraising

Frequently Asked Questions Telefundraising:

Q:  Apakah Telefundraising itu ? 

A:   

Telefundraising adalah program penggalangan dana yang dilakukan Yayasan Plan International Indonesia melalui komunikasi langsung dengan para calon donor via telepon. 

Pihak kami akan menghubungi para calon donatur melalui Team Telefundraiser kami  dan konfirmasi whatsapps resmi melalui no berikut : 

0811-9620-1103 | Waktu Kerja :  Senin s/d Jumat, pukul 09:00 – 17:00 WIB 

Q:  Bagaimana jika ingin berdonasi melalui telefundraising ? 

A: 

Dalam penggalangan dana melalui telefundraising, Sahabat Plan bisa melakukan donasi melalui kartu kredit, autodebet rekening bank dan transfer. 

QMengapa menggunakan Kartu Kredit/Kartu Debit dalam pengumpulan donasi? 

A:  

Yayasan Plan International Indonesia menerapkan NO CASH POLICY di mana fundraiser dilarang menerima donasi berupa uang tunai dari publik. Hal ini selain untuk keamanan dan kenyamanan donatur, juga untuk menjamin transparansi dalam pengumpulan donasi karena setiap transaksi tercatat oleh bank. 

QBagaimana jika kami ingin berdonasi dengan cara transfer?  

A 

Donasi bisa dengan mudah dilakukan dengan Debit Kartu Kredit yang berlogo VISA atau Master , jika Sahabat tidak memiliki kartu kredit bisa dilakukan dengan cara TRANSFER ke rekening : 

Nama BankMANDIRI  Cabang Menara Duta 

No Rekening1240012889995 

Pemilik Rekening: Yayasan Plan International Indonesia 

Q: Apakah aman berdonasi melalui agen Telefundraising ( TF )? 

A 

Yayasan Plan International menjamin keamanan data individu yang menjadi donatur lewat program Teman Plan. 

Semua percakapan yang dilakukan dengan agen telefundraiser kami otomatis terekam dan tercatat legal secara hukum, jadi dijamin keamanannya. Semua data yang masuk, langsung diterima oleh Yayasan Plan International Indonesia dan di proses oleh tim khusus database untuk kemudian diteruskan kepada bank. 

QMengapa perlu mendukung Yayasan Plan International Indonesia secara berkelanjutan? 

A:  

Sebagai organisasi nirlaba, Yayasan Plan International Indonesia sangat bergantung kepada donasi dari seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjalankan program-programnya. Donasi berkelanjutan setiap bulan atau perenam bulan memungkinkan Yayasan Plan International Indonesia untuk mendapatkan dana yang tetap dan terprediksi, sehingga dapat dikembangkan dan dimanfaatkan bagi kelangsungan program anak jangka panjang. Dilain sisi, donasi bulanan atau perenam bulan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi biaya administrasi (seperti biaya pos, penyediaan kertas kerja dan sebagainya) sehingga setiap rupiah yang disumbangkan dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk program pemenuhan hak anak dan kaum muda khususnya perempuan. 

Q: Untuk apa saja donasi yang didapatkan dari para donatur ? 

A: 

Donasi yang didapat digunakan sepenuhnya untuk menjalankan program Yayasan Plan International Indonesia dan disesuaikan dengan kebutuhan.  

Q: Selain melalui aktivitas pengumpulan dana ini, dari mana Yayasan Plan International Indonesia mendapatkan dana selama ini? 

A:  

Selama ini Yayasan Plan International Indonesia mendapatkan sebagian besar dana dari Plan International. Lebih dari 60% dana ini berasal dari individu-individu seperti Sahabat yang berjumlah jutaan orang di seluruh dunia. 

Q: Apakah donor mendapatkan laporan dari donasi yg terkumpul? 

A 

Ya. Setiap tahun Yayasan Plan International Indonesia diaudit oleh lembaga audit independen. Laporan akan dikirim setiap tahun kepada seluruh Teman Plan  

Q: Apa saja yang didapatkan ketika menyatakan dukungannya untuk berdonasi secara berkelanjutan? 

A 

Yayasan Plan International Indonesia menyalurkan dana yang didapat dari program donasi untuk program pemenuhan hak anak dan kaum muda khususnya perempuan.   Kami akan mengirimkan berita berkala tentang program yang sedang dijalankan oleh Yayasan Plan International Indonesia. 

Q: Apa yang terjadi setelah calon donor setuju untuk menjadi berdonasi? 

A: 

  1. Setelah pendebitan pertama berhasil, pihak Yayasan Plan International Indonesia akan mengirimkan Surat Konfirmasi (melalui pos/email).  
  2. Secara rutin setiap bulannya,  kami akan mengirimkan email yang berisikan informasi kegiatan, undangan event, laporan program, aksi global/nasional serta update berita sosial media. 

Q:  Bagaimana jika donatur ingin menghubungi Yayasan Plan International Indonesia ? 

A:   

 Silakan hubungi tim Supporter Relations  dengan alamat sebagai berikut : 

Yayasan Plan International Indonesia 

Menara Duta Building 2nd Floor 

Jl. H.R Rasuna Said Kav. B-9 Kuningan  

Jakarta Selatan 12910 – Indonesia 

Tel: +62-21-5229566, Fax: +62-21-5229571 

Hotline:  +62 811-9620-1102 

Setiap hari kerja ( Senin – Jum’at ) Pukul 09:00 – 17:00 WIB 

E-mail : temanplan@plan-international.org 

QBagaimana cara stop donasi 

A :   

Sahabat Plan dapat menghubungi team Supporter Relations  kami pada hari dan jam kerja yang terlampir. Yayasan Plan International Indonesia tidak memiliki sistem pencatatan untuk membatalkan donasi secara otomatis, sehingga Sahabat Plan yang harus menghubungi Supporter Relations untuk pembatalan.  Sahabat Plan dapat membatalkan donasinya sewaktu-waktu, akan tetapi Yayasan Plan International Indonesia memiliki banyak program yang membutuhkan komitmen jangka panjang, sehingga kami sangat berharap Sahabat Plan dapat terus bersama kami dalam jangka waktu panjang.