Didukung Google.org, Plan Indonesia dan ASEAN Foundation Bekerja Sama untuk Mewujudkan Pemberdayaan dan Kesempatan Kerja bagi Kaum Muda saat Pandemik COVID-19 di Indonesia

Krisis pekerjaan bagi kaum muda di Indonesia terus menjadi kekhawatiran selama pandemik COVID-19. Ditambah dengan adanya resesi ekonomi global, masalah pengangguran dikhawatirkan akan memberikan dampak terbesar bagi pihak-pihak yang rentan, termasuk para kaum muda, khususnya kaum muda perempuan.

Hari ini, Rabu (18/11), kerjasama antara Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan ASEAN Foundation dalam proyek percontohan dua tahun, ‘Bridges to the Future: ASEAN Youth Empowerment’, diumumkan melalui online summit, ‘Google for Indonesia 2020’. Proyek ini didukung dengan dana hibah sebesar 1 juta dolar dari Google.org, organisasi filantropi Google, untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik dan setara bagi kaum muda.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia

Proyek ini berjalan sejalan dengan upaya Plan Indonesia dalam memberdayakan kaum muda. Plan Indonesia berharap kerjasama ini dapat mempermudah akses terhadap pekerjaan bagi kaum muda yang berada dalam posisi rentan, terutama para orang muda perempuan, meskipun pandemik COVID-19 tengah berlangsung. Proyek ini juga dapat menjadi kesempatan bagi para pemberi kerja untuk bersatu dan bekerja sama dalam menyediakan lapangan kerja, agar kaum muda bisa bangkit lebih kuat lagi setelah menghadapi krisis.

Proyek percontohan ini didesain untuk meraih 5.000 orang muda berusia 18-29 tahun yang membutuhkan bantuan di Indonesia. Sebanyak 55% dari penerima manfaat akan berasal dari kalangan perempuan, dengan tujuan membantu mereka lepas dari jeratan pengangguran yang disebabkan oleh diskriminasi gender.

Sebelum pandemik, Organisasi Buruh Internasional (ILO) mencatat bahwa pada 2019, tingkat pengangguran kaum muda (15-24 tahun) di Indonesia terdapat di angka 17,04%. Ini merupakan persentase tertinggi kedua di Asia Tenggara, hanya kalah satu tingkat dari Brunei Darussalam (30,04%). Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah upaya yang sangat serius untuk membantu kaum muda Indonesia mengatasi tantangan ekonomi tersebut.

Secara garis besar, proyek ini bertujuan melengkapi para kaum muda yang masih menganggur di Indonesia dengan kemampuan yang relevan, juga untuk mempertemukan mereka yang sudah mendapatkan pelatihan dengan pekerjaan baru. Melalui proyek ini, diharapkan, kaum muda Indonesia akan memiliki kesempatan yang lebih baik di pasar kerja lokal dan regional.

Setelah mengumumkan kerjasama ini, Plan Indonesia akan menyediakan dukungan di bidang kesejahteraan dan soft-skill bagi kaum muda yang membutuhkan di Indonesia. Kami juga akan menyelenggarakan program pelatihan kejuruan dan pengembangan keterampilan bagi mereka. Pelatihan ini menggunakan referensi dari penelitian tentang pasar kerja yang akan dilakukan oleh ASEAN Foundation, yang berfokus pada topik kesempatan ekonomi tengah pandemik COVID-19. Selain itu, Plan Indonesia akan menghadirkan (lagi) online job fair dan memberikan bantuan mencari pekerjaan bagi kaum muda, bekerja sama dengan pemerintah, perusahaan swasta dan organisasi nonprofit di sekitar tahun 2021.

Informasi lengkap tentang program, silakan unduh Factsheet Bahasa Indonesia atau English Factsheet