Call for Consultant: Youth IT Boot camp 2020 for Tech Muda Project

Term of Reference / Kerangka Acuan
Youth IT Booth Camp 2020
YEE Program

No:YEE/2020/11/ToR/041
Lokasi:JABODETABEK
Batas Aplikasi:30 November 2020
Tipe Kontrak:Vendor
Syarat Bahasa:                             Bahasa Indonesia
Tanggal dimulai:14 Desember 2020
Batas waktu kontrak:14 Desember 2020 – 28 Februari 2021

Term of Reference / Kerangka Acuan
Youth IT Booth Camp 2020
YEE Program

I. Pendahuluan

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa membutuhkan partisipasi yang kuat dari warga dunia untuk mencapai 17 tujuan fundamental. SDGs bertujuan “untuk fokus khususnya pada kebutuhan yang paling miskin dan paling rentan” melalui kemitraan global yang melibatkan “partisipasi semua negara, semua pemangku kepentingan, dan semua orang”. Penekanan ini memberikan kesempatan untuk memajukan partisipasi anak dan remaja serta hak warga negara. Di Indonesia, populasi anak-anak dan remaja sekitar 84 juta – atau sepertiga – penduduk Indonesia, dengan sekitar 44,3 juta anak dan remaja hidup dalam kemiskinan. Plan International adalah organisasi pembangunan dan kemanusiaan yang memajukan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan International berjuang untuk dunia yang adil, bekerja sama dengan anak-anak, remaja, pendukung dan mitra kami. Selama 75 tahun, Plan International telah membangun kemitraan yang kuat dan sekarang bekerja di lebih dari 70 negara. Di Indonesia Plan International mulai bekerja pada tahun 1969 dan saat ini bekerja di 7 provinsi dan mensponsori lebih dari 40.000 anak.
Salah satu program Yayasan Plan International Indonesia adalah program Youth Economic Empowerment (YEE) dengan program Tech Muda. Program Tech Muda ini bertujuan untuk mempersiapkan kaum muda marginal terutama perempuan untuk memperoleh pekerjaan yang layak melalui pekerjaan formal maupun berwirausaha di bidang Informasi Teknologi (IT). Proses program berlangsung dari tahun 2019 sampai dengan 2020, program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Informasi Teknologi dan kesempatan bekerja untuk 150 peserta dengan komposisi 70% adalah wanita dan pencapaian 80% mendapatkan pekerjaan. Salah satu komponen penting dari proyek Tech Muda adalah Pelatihan IT untuk kaum muda marjinal, terutama kaum muda perempuan, yang berkelanjutan.
Dampak COVID 19 banyak peserta Tech Muda yang terkena dampak COVID 19 di sektor kesempatan pekerjaan. Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan kesempatan kepada peserta Tech Muda untuk menambahkan skill dan kesempatan kerja dengan fokus materi training adalah Mobile Programming, WEB Design dan SEO.

II. Tujuan Training
Tujuan training peserta Tech Muda adalah;

Tujuan training peserta Tech Muda adalah;

  1. Meningkatkan Skill ICT dengan fokus kepada Web Design, Android Programming (Mobile Programming) dan SEO (Search Engine Optimization).
  2. Membuka peluang kerja untuk peserta Tech Muda dampak COVID 19.
  3. Membuka peluang kerja mandiri (Gig Economy) untuk peserta Tech Muda.
  4. Membuka peluang kerja formal melalui kegitan job maching untuk peserta Tech Muda

III. Lingkup Pekerjaan / Tugas dan Tanggung Jawab

Lingkup tugas dan tanggung jawab vendor sebagai berikut:

  1. Melatih 30 peserta Tech Muda yang terdampak COVID 19 fokus kepada kelas Web Design (10 Peserta), Mobile Programming (10 peserta) dan SEO (10 peserta), dengan total jam pelatihan 320 jam untuk setiap peserta
  2. Target Job Placement  80% dari total peserta (Formal dan Gig Economy).
  3. Membuat webinar yang berkaitan dengan pengalaman sebagia profesional ICT (Web Design, Mobile Programming dan SEO)  dengan praktisi dan influencer sebanyak 4 kali dalam 2 bulan.
  4. Menjadikan Agen Perempuan Muda ICT untuk peserta Tech Muda dan di fasilitasi untuk membuat Talk show dan kelas online untuk masyarakat umum agen ini di sebut “Agen Tech Muda” dengan Tema kegiatan “Perempuan jago IT”.
  5. Vendor menyiapkan Laptop dan Kuota internet selama pelatihan.
  6. Vendor menyiapkan laporan (Hasil praktik peserta, Penempatan Kerja Peserta dan laporan lainnya).
  7. Disepakatinya kesepakatan untuk penempatan kerja dari 30 Private Sector
  8. Mempersiapkan 10 Mentor ICT untuk mendampingi peserta secara berkelanjutan di luar jam belajar IT Bootcamp.
  9. Menyiapkan instruktur pendamping untuk peserta disabilitas.

IV. Hasil Kerja dan Tingkat Usaha

Untuk mencapai hal tersebut, vendor diharapkan melakukan serangkaian kegiatan penyampaian penugasan dengan estimasi waktu sesuai uraian di bawah ini:

V. Timeline :

Timeline sebagai berikut :

VI. Key Principle, Approach and Ethical Consideration

Staf dan Vendor Plan Indonesia harus mematuhi Plan International Child and Youth Safeguarding and Protection. Vendor harus mengikuti Prinsip Etis untuk melibatkan subjek manusia dalam penelitian dan mendapatkan persetujuan tertulis / lisan dari subjek manusia. Izin dari orang tua harus dicari jika anak-anak di bawah 18 tahun terlibat sebagai subjek. Persetujuan yang ditandatangani oleh setiap anak dan / orang tuanya perlu dilakukan setelah menjelaskan tujuan studi dan penggunaannya. Pelatihan tentang ini akan menjadi bagian dari pelatihan yang disediakan untuk tim.

Semua proyek yang dikelola oleh Plan Indonesia dan para mitranya, juga harus sejalan dengan ambisi global Plan International untuk menjangkau 100 juta anak perempuan, menggunakan pendekatan transformatif gender dalam melaksanakan tugasnya. Dalam penugasan ini, Vendor diharapkan dapat menerapkan pendekatan transformatif gender melalui penyampaian norma gender, penguatan lembaga perempuan dan perempuan muda, memajukan kondisi dan posisi perempuan dan perempuan, bekerja sama dengan laki-laki dan laki-laki untuk merangkul kesetaraan gender, menjawab kebutuhan dan minat anak perempuan dan laki-laki dalam semua keragaman mereka, dan membina lingkungan yang memungkinkan kesetaraan gender dan hak-hak anak perempuan.

VII. Kualifikasi dan Pengalaman yang Dibutuhkan

Vendor yang tertarik dapat mengajukan proposal dan memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Lembaga Training sudah berdiri selama 10 tahun dan Memiliki Sertifikat Lembaga Training, dengan memiliki module pelatihan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Memiliki 50 private Sector untuk meningkatkan kesempatan penempatan kerja.
  • Memiliki dan terbiasa menggunakan media belajar online.
  • Pengalaman yang dapat dibuktikan dengan portofolio dan rekomendasi.
  • Memiliki Tim dan Standard Training yang kopentent.
  • Memiliki Tim Event untuk kebutuhan Wabinar dan Event Pendukung.
  • Keterampilan komunikasi yang baik, dengan kemampuan menjelaskan masalah atau konsep yang kompleks dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

VIII. Pengiriman Aplikasi

Langkah Pertama: Calon consultant mengirimkan aplikasi melalui email: yayasan.procurement@plan-international.org; dengan subjek: “Consultant Training Institution Tech Muda” sebelum tanggal 30-Nov-2020 jam 17.00 WIB dengan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan sebagai berikut:

  • Pernyataan Minat
  • Anggaran yang diusulkan
  • Profil Organisasi dengan informasi tentang: (a) pekerjaan relevan saat ini dan sebelumnya serta klien / pengguna (portofolio); (b) CV personel yang terlibat dalam penugasan dan tanggung jawab / peran utama mereka dalam penugasan tersebut.

Template Proposal Budget