Anaci, Peternak Muda yang Memiliki Motivasi Tinggi untuk Mandiri

Anaci N., atau kerap dipanggil Naci ini merupakan kaum muda yang berasal dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Naci, yang  berlatar belakang pendidikan SMP Negeri I Amanatun, sangat menyukai mata pelajaran IPA saat ia berada di bangku sekolah. Saat ini, Naci menjadi tulang punggung keluarga, di mana ia harus berusaha untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Putri bungsu ini memiliki 4 orang kakak yang sudah berkeluarga sehingga ia sekarang tinggal bersama orang tuanya dan membantu orang tuanya mencari nafkah.

 

“Kesenangan Saya untuk masuk dalam proyek SCILD ini karena Saya merasa ini satu kesempatan yang paling terbaik untuk saya mandiri dan tidak bergantung diri lagi kepada orangtua.

 

    Naci memiliki motivasi yang tinggi untuk mengikuti Proyek SCILD yang diberikan oleh Yayasan Plan International Indonesia. Ia dengan tekun memelihara ternak sapi yang didapatkan dari proyek SCILD. Mulai dari mencari daun, menimba air dan memberikan makan minum selama tiga kali dalam sehari. Walaupun dulu Naci juga pernah memelihara sapi, namun bedanya yang sekarang adalah sapi miliknya sendiri. Maka dari itu, Naci berusaha sendiri agar bisa mandiri dan tidak bergantung pada orangtua. “Keuntungannya adalah untuk masa depan Saya”, begitu katanya.


  
Ia sangat termotivasi untuk mengembangkan ternak babi dari hasil penjualan ternak sapinya. Setelah Naci menjual sapinya, Naci memutuskan untuk membeli dua ekor babi ia dapatkan dari kelompok KSU. Saat ini, Naci sangat bersemangat untuk membangun usahanya di sektor peternakan dan bersemangat untuk membangun desa tempat tinggalnya, Desa Tesi Ayofanu. “Ke depannya, Saya akan meningkatkan bisnis Saya dengan membuka usaha kecil seperti kios”. Naci berharap dengan memperluas bisnisnya dapat menghasilkan modal yang banyak.
 

Share artikel ini :

BA
CK