Getting Equal: Let’s Invest in Girls

51% penduduk Indonesia adalah perempuan dan mereka berpotensi berkontribusi dalam pembangunan. Namun sayangnya, konstruksi sosial kerap menempatkan mereka sebagai warga kelas kedua yang belum dilihat potensinya secara utuh.  Misalnya, sebanyak 1 dari 11 anak perempuan pernah mengalami kekerasan seksual, hanya 6% kepala daerah yang merupakan perempuan, hanya 20% perempuan di kursi parlemen, dan sebagainya. Padahal, peran perempuan sangat penting sebagai mitra dalam pembangunan. kegagalan memfasilitasi perempuan dalam pembangunan bisa berakibat pada hilangnya potensi PDB tahunan global sebesar ± US $4.5 triliun per tahun 2025. Sebaliknya, keberhasilan mendukung perempuan sebagai mitra yang setara dengan pria bisa membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjawab tantangan sosial di sekitar kita.

 

Untuk itu, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) ingin menekankan urgensi kepada berbagai pihak untuk memberikan kesempatan yang setara pada anak perempuan. Melalui Summit on Girls 2019 bertemakan “Getting Equal: Let’s Invest in Girls”. Pada tanggal 10 Desember 2019 bertempat di Balai Kartini, Plan Indonesia mengajak berbagai pihak, khususnya pembuat kebijakan, tokoh-tokoh berpengaruh, pemimpin perempuan, media, dan pihak swasta, untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran, dukungan, dan melakukan langkah konkret untuk mempromosikan kesetaraan bagi anak perempuan dan perempuan muda.

 

Ada 6 isu yang akan kita bahas bersama-sama. Sahabat bisa memilih 2 dari 6 kelas yang ada. Buruan daftar, ya! Karena tempat terbatas!

 

Sesi Breakout 1 (13.00 - 14.30):

She Votes for Her Rights 

Tertarik belajar tentang partisipasi perempuan dalam bidang politik? Kamu wajib daftar kelas ini!  Kendala kiprah perempuan di politik dan tips-tips yang diperlukan siap dibahas di sini.

Siapa saja narasumbernya? Ada Tsamara Amany, Andi Yuliani Paris, Titi Anggraini, Dian Kartikasari, Lia Toriana, dan Muhammad Farhan.

 

Women and the Future of Work

Kelas yang ini akan membahas tantangan pekerjaan di masa depan.  Apakah perempuan Indonesia sudah siap menjawab tantangan tersebut?  Lalu, bagaimana peran teknologi dalam menyediakan akses dan kesempatan kerja terhadap kaum muda, khususnya kelompok marjinal? Ikuti perkembangannya di kelas ini bersama:

Putri Alam (Head of Public Policy Google Indonesia)

Dondi Hananto (Partner of Patamar, Founder of Kinara)

Isdar Marwan (Direktur Career Services, Mercer),

Woro Srihastuti S. (Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga, BAPPENAS)

Dina Mairawati (Youth Economic Empowerment Advisor Plan Indonesia)

Sulishia Erza (CEO of ASYX, and Member of APINDO SME Entrepreneurship Development)

Ripy Mangkoesoebroto (CEO & Co-founder 3V)

 


 

Girls Activism in Digital Age 

Siapa sih yang nggak eksis di media sosial hari gini? Kompaknya netizen bisa membawa perubahan, lho! Tapi, tahukah kamu, aktivisme kita di dunia digital juga meninggalkan jejak? Mari simak langkah-langkah untuk melindungi diri kita saat aktif berkampanye di dunia digital.

Ayo ikutan ngobrol bareng sama:

Katyana Wardhana (Pendiri Komunitas Sudah Dong)

Devi Asmarani (Editor In Chief Magdalene.co)

Mia Badib (Koordinator Women’s March Jakarta 2019)

Salsa (Ketua Forum Anak Desa Rembang dan Mitra Dampingan Plan Indonesia)

Astridiah P. Ramadhani (Content Writer, Tabu.id)

Dwi Rahayu (Direktur Program Plan Indonesia)

 


 

Sesi Breakout 2 (14.45 - 16.15):

Breaking the Stereotypes

Apa yang memacu perempuan bergelut di bidang yang selama ini didominasi oleh laki-laki? Bisakah perempuan juga berprestasi di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM)? Bagaimana tantangannya dan bagaimana strategi untuk mendorong partisipasi anak perempuan di bidang-bidang yang selama ini dipersepsikan sebagai ranah laki-laki? Pasti bisa, dong!

Yuk dengar ceritanya langsung dari narasumber yang pastinya insightful:

Dra. Premana W. Premadi, PhD (Lektor Kepala FMIPA ITB & Direktur Observatorium Bosscha)

Silvia Halim (Direktur Konstruksi, PT. MRT Jakarta)

Laksmi Prasvita (Pendaki Perempuan)

Anto Sudaryanto (Pendiri Pro-Direct Soccer Academy Jakarta)

Isabella Wibowo (Global Product Partnership Manager, Google Asia Pacific)

Yanti, (Kapten Girls Football NTT, mitra dampingan Plan Indonesia)

Vivin Sungkono (Executive Committee PSSI)

Retno Kusumawati (Business & Integration Arch. Associate Director, Accenture Indonesia)

 


The Media Darlings

Peran media, industri periklanan, dan perfilman dalam membentuk citra tentang perempuan berdampak panjang. Seperti apa kebijakan editorial di berbagai media dalam memberitakan isu-isu dan tokoh-tokoh perempuan? Bagaimana pula tim produksi film di belakang layar dan aktris bisa membangun kesadaran gender? Akan ada:

Rachel Amanda (Youth Advisory Panel UNFPA, Aktris)

Atnike Nova Sigiro (Direktur Jurnal Perempuan)

Arief Suditomo (Deputy CEO / VP Digital & Editor in Chief Metro TV)

Fitria Sofyani (Chief of Kumparan Woman at Kumparan)

Nazla Mariza (Influencing Director Plan Indonesia)

 


Girls in Climate Crisis

Apa sih perspektif kaum muda tentang krisis iklim? Bagaimana anak perempuan terdampak, tapi juga bisa menjadi bagian dari solusi krisis iklim?  Bahkan, anak perempuan dapat memimpin dan mengambil keputusan dalam krisis iklim seperti Greta Thunberg. Greta tidak sendirian, teman-teman berikut juga ikut menyuarakan kepedulian mereka terhadap krisis iklim:

Waya Maweru (Aktivis Perubahan Iklim)

Nadine Chandrawinata (Founder & Executive Director, Seasoldier)

Cynthia Maharani (Peneliti Iklim, WRI Indonesia)

Reza (Kelompok Tani Tunas Naghori, Riau)

Maria Eka (inovator desalinasi dan mitra dampingan Plan Indonesia dari Lembata, NTT)

Ida Ngurah (National Project Manager Plan Indonesia)

 


Summit on Girls turut dihadiri  oleh Prof. Dr. Fasli Jalal (Dewan Pembina Plan Indonesia), H.E. Diedrah Kelly (Duta Besar Kanada untuk ASEAN), Hannah Al Rashid (SDG Ambassador/ Aktris), Suci (Ketua Komite Perlindungan Anak Desa Lombok Barat), Suzy Hutomo (Pendiri dan Chairperson The Body Shop Indonesia) dan Dini Widiastuti (Executive Director Plan Indonesia)

 

Tertarik untuk terlibat dalam diskusi? Sahabat bisa segera mendaftarkan diri di bit.ly/summitongirls2019

 

Share artikel ini :

BA
CK