Lari Malam untuk Kesetaraan Anak Perempuan

Dalam rangka berjejaring untuk mendukung kesetaraan perempuan serta momentum menuju kegiatan “Run for Equality”, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) menyelenggarakan “Midnite Run Plan Indonesia” pada 26 Mei 2019 lalu. Acara lari di malam hari untuk memperkenalkan “Run for Equality” kepada komunitas pelari ini juga didukung oleh Cheers Water, League, dan Hydrococo.

 

Berlokasi di kawasan Bintaro, hari itu pada pukul 00.00 WIB panitia “Midnite Run Plan Indonesia” menyambut lebih dari 50 pelari yang ingin mengenal lebih dekat Plan Indonesia dan misinya untuk memperjuangkan pemenuhan hak dan kesetaraan untuk anak perempuan. Sesi dimulai pukul 00.30 WIB, diisi dengan pengarahan, pemanasan, dan doa bersama. Kurang lebih satu jam berlalu, pukul 02.00 para pelari berkumpul kembali di sebuah restoran di bilangan Bintaro untuk melepas dahaga dan sahur bersama. Turut hadir Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia yang menyambut kedatangan pelari di garis finish. Dalam sambutannya, Dini Widiastuti menyampaikan apresiasi kepada para pelari yang sudah berkenan mengikuti acara dan mengenal lebih jauh misi Plan Indonesia untuk kesetaraan anak perempuan.

 

“Kalau saat ini kita berkumpul, masih bisa menikmati air minum untuk melepas dahaga dengan sangat mudahnya, tidak begitu yang terjadi pada saudara-saudara kita yang tinggal di timur Indonesia. Mereka harus berjalan 30 menit sampai 2 jam untuk mendapatkan air bersih. Bayangkan saja, teman-teman harus berlari seperti tadi untuk mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, kami ingin membangun akses air bersih di Flores, salah satu wilayah kerja kami.” Air selayaknya sumber kehidupan, merupakan barang yang langka di sana. Terlebih, kaum perempuan menjadi kelompok yang memegang peranan krusial dalam pengadaan air bersih untuk keperluan domestik (rumah tangga). Hal itulah yang menjadi perhatian utama Plan Indonesia.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi penjelasan mengenai “Run for Equality”, kegiatan charity run sejauh 50+ km yang akan diselenggarakan di Ende hingga Nagekeo, Flores, untuk membangun akses air bersih di NTT. Sesi tersebut dibawakan oleh Linda Sukandar, Direktur Fundraising Plan Indonesia, bersama dengan Lexi Rohi, Race Director “Run for Equality”. Suasana dini hari itu semakin hangat dengan hadirnya Firza Daud, Program Manager “Run for Equality” yang berbincang santai bersama Tabitha Perachya, MC di acara malam itu. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama yang juga merupakan bentuk dukungan seluruh peserta terhadap kesuksesan penyelenggaraan “Run for Equality”.

 

Ingin tahu lebih banyak mengenai charity run 50+ km “Run for Equality”? Ikuti terus berbagai informasinya melalui kanal-kanal media sosial kami di Instagram @planindonesia Facebook @planindonesia, dan Twitter @planindonesia.

 

 

Share artikel ini :

BA
CK