Pelatihan Menggambar di Nagekeo Bersama Jaimee Maulana

Nagekeo, 9 Mei 2019

 

“Terima kasih kakak Jemi, karena kaka saya suka menggambar,” ujar Inggrit salah satu murid SD peserta pelatihan menggambar.

 

Inggrit adalah satu dari empat puluh tiga murid SD di dua desa di Nagekeo yang mengikuti pelatihan menggambar yang diselenggarakan oleh Yayasan Plan International Indonesia. Pelatihan menggambar dilakukan tanggal 7 dan 8 Mei 2019. Pelatihan yang bertema “Girls Get Equal” ini merupakan salah satu aktivitas untuk anak dampingan Plan (Sponsored child) sekaligus rangkaian aktivitas ulang tahun Plan International Indonesia ke 50 yang jatuh di bulan September 2019.

 

Ada yang unik dari pelatihan kali ini, karena pelatihan dibawakan oleh anak untuk anak. Adalah Sahabat Plan Jaimee siswi kelas enam dari salah satu sekolah Internasional di Tangerang Selatan ditampuk menjadi pelatih menggambar didampingi oleh orang tua dan kerabatnya.

 

Jaimee adalah salah satu seniman cilik Indonesia. Namanya mulai berkibar di dunia seni atau kreatif Indonesia. Pada tahun 2017, seniman cilik yang memiliki hobi menggambar sejak usia tiga tahun ini diundang oleh Braun Buffel sebuah merek ternama di dunia, untuk bergabung dalam penggalangan dana. Ia bersama beberapa seniman senior diminta untuk menghias ikon Braun Buffel yang kemudian dilelang dan hasilnya digunakan untuk membantu anak-anak di Indonesia. Walau usianya masih belia, Jaimee senang menyuarakan kesetaraan bagi anak perempuan. Pesan kesetaraan anak perempuan kental tersirat dalam karyanya. Alhasil, Miss O and Friends sebuah komunitas gaya hidup untuk anak perempuan berusia 8-16 tahun di Amerika yang bertujuan untuk membantu anak-anak membangun kepercayaan dan harga diri menjadikannya sebagai salah satu endorser. Saat ini selain aktif menjadi Sahabat Plan, Jaimee tengah menjajaki kemungkinan kerjasama dengan rumah mode dunia, Dior.

 

Pelatihan menggambar di Nagekego sendiri dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 14.30. Satu karya terbaik akan dipilih oleh Jaimee dan manajemen Yayasan Plan International Indonesia dan pemenang berhak ikut merayakan HUT Plan International Indonesia ke 50 di Jakarta. Untuk keberangkatan pemenang, seluruh biaya tiket dan akomodasi akan ditanggung oleh Yayasan Plan International Indonesia. Karya terpilih akan digabungkan juga dengan ilustrasi bertema “Girls Get Equal” yang dikembangkan oleh Jaimee dan dua teman berkebutuhan khusus dari komunitas Glowing Star di Jakarta. Design kemudian akan diolah menjadi beberapa produk seperti scarf dan tote bag untuk dilelang pada gala dinner HUT ke 50 Yayasan Plan International Indonesia.

 

Panjangnya waktu berlatih tidak menurunkan semangat peserta. Guru-guru bahkan meminta agar pelatihan sejenis dapat dilakukan kembali di kemudian hari. Di akhir kelas, para peserta  belajar bahwa menggambar bukanlah sesuatu yang sulit. “Semua pasti bisa menggambar. Yang penting fokus dan menggambar dari hati. Gunakan imajinasimu.” tegas Jaimee di penghujung pelatihan. Tampaknya Jaimee berhasil melatih teman-temannya. Terbukti dari pernyataan Rifal di akhir pelatihan, “Terima kasi kaka-kaka sekarang aku lebi percaya diri untuk menggambar. Terima kasi Jemi.” 


Oleh: Raisha Fatya

Share artikel ini :

BA
CK