Aku Lebih Berani dan Percaya Diri untuk Menulis

Siang itu (18-20/02) menjadi siang yang paling ditunggu-tunggu 30 pelajar SD dan SMP di tiga sekolah di Kabupaten Nagekeo. Bagaimana tidak, ini adalah kali pertama mereka diberi kesempatan untuk ikuti pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Yayasan Plan International Indonesia, bekerja sama dengan pengajar relawan dan penulis buku anak, Imelda Naomi.

Pelatihan menulis ini bertujuan agar anak-anak tumbuh rasa senang menulis, berani mengeluarkan dan mengekspresikan pikirannya melalui tulisan, dan secara spesifik agar anak-anak yang didukung oleh Plan Indonesia dapat menulis surat kepada sponsornya.

Imelda Naomi sebagai penulis buku anak “Komodo Ingin Ke Pesta” menerapkan konsep pelatihan dengan stimulus-stimulus yang menarik, interaktif, partisipatif, dan menyenangkan. Materi yang disampaikan terdiri dari mengajarkan anak bagaimana menulis mengalir (flow writing), tentang 4 topik pilihan dengan alokasi waktu yang singkat per tokpiknya. Pada sesi kedua, anak-anak diajak untuk membuat kelompok dan menggunakan panca inderanya untuk membuat tulisan. Misalnya mendeskripsikan tentang satu buah yang ada di sekitar dan mengangkat cerita bagaimana bentuk, harum, dan rasa buah tersebut dalam bentuk cerita yang menarik. Yang tidak kalah penting, anak-anak diajak untuk mengenal dirinya melalui tulisan tentang “Siapa Aku”. Anak-anak diajak untuk memperkenalkan dirinya, hal-hal yang anak paling sukai, bagaimana lingkungan rumahnya, dan dituliskan dalam ejaan, tanda baca, serta alur paragraf yang benar.

Saat kegiatan berlangsung, anak-anak sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan yang diselingi dengan agenda makan siang dan ice breaking. Anak-anak juga sangat berani dan percaya diri di saat mereka membacakan hasil tulisannya di depan kelas kepada teman-temannya. Sebagai bentuk apresiasi kepada 3 anak yang berani maju bercerita di depan kelas dan berhasil menulis dengan baik, mereka diberikan bingkisan buku “Komodo Ingin ke Pesta” yang ditulis Naomi.

Liberta, sebagai salah satu peserta menyampaikan “Saya sangat gembira hari ini karena ada pelatihan menulis, bagaimana menulis tentang hobi atau hal yang saya sukai, yang dipimpin oleh kakak Naomi dan kakak Angel dari Plan Indonesia. Terima kasih ya kakak Naomi dan kakak Angel, saya berharap kegiatan ini berlanjut seterusnya. Rasanya sedih deh berpisah dengan kakak Naomi dan kak Angel. Saya berdoa kita dapat bertemu lagi ya?”

 

Share artikel ini :

BA
CK